Loading...
You are here:  Home  >  Headlines  >  Artikel ini

DAU Rp 174,9 Miliar Ditunda, Bupati Pastikan Pilkada Pati 2017 Berjalan Lancar



Reporter:    /  @ 19:05:04  /  17 September 2016

    Print       Email
Bupati Pati Haryanto melepas agenda jalan sehat yang digelar KPU, Sabtu (17/09/2016), usai berbicara soal penundaan DAU terkait dengan Pilkada Pati 2017. (MuriaNewsCom/Lismanto)

Bupati Pati Haryanto melepas agenda jalan sehat yang digelar KPU, Sabtu (17/09/2016), usai berbicara soal penundaan DAU terkait dengan Pilkada Pati 2017. (MuriaNewsCom/Lismanto)

MuriaNewsCom, Pati – Bupati Pati Haryanto memastikan bila pelaksanaan tahapan Pilkada Pati 2017 bisa berjalan dengan baik dan lancar, kendati Dana Alokasi Umum (DAU) untuk Kabupaten Pati ditunda. Hal itu disampaikan Haryanto, Sabtu (17/09/2016).

“Nilai penundaan DAU untuk Kabupaten Pati sebesar Rp 174,9 miliar. Penundaan DAU berlangsung pada September hingga Desember 2016. Namun, kami pastikan penundaan DAU tidak mengganggu tahapan pilkada, karena sudah ditetapkan dalam tambahan anggaran sesuai dengan Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD),” kata Haryanto.

Bahkan, di tengah penundaan DAU, pihaknya sudah memfasilitasi rekrutmen Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), pembentukan Sekretariat PPK dan Panwas, dan sejumlah tahapan pilkada lainnya. Hal itu diakui sebagai bentuk keseriusan pemkab dalam memprioritaskan pilkada.

Pasalnya, pilkada menjadi agenda wajib yang harus dilakukan pemkab untuk mencari pemimpin terbaik pada periode selanjutnya. Lagipula, Pilkada Pati tidak masuk dalam bagian pengetatan anggaran, sehingga tetap berjalan sesuai dengan rencana awal.

Karena itu, Haryanto berpesan kepada KPU untuk tidak berpikir masalah penundaan DAU berimbas pada pelaksanaan pilkada atau tidak. “Yang mesti dilakukan KPU, bagaimana harus profesional, proporsional. Siapa pun yang dipilih warga, itu pilihan terbaik yang akan memimpin Pati lima tahun ke depan,” tandasnya.

Editor : Kholistiono

Komentar

komentar




Artikel terkait lainnya

bupati pati e

Baliho Bakal Calon Bupati Pati Terpasang di Pohon Pakai Paku di Kudus

Selengkapnya →