Loading...
You are here:  Home  >  Headlines  >  Artikel ini

Ruas Jalan Rawan di Jepara Bakal Dipasangi Lampu Bekas



Reporter:    /  @ 07:15:42  /  17 September 2016

    Print       Email
jepara-lampu-led-e

Kepala Bidang (Kabid) Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) pada Dinas Bina Marga ESDM Jepara Ngadimin mengatakan sejumlah lampu di area Kota Jepara bakal diganti dengan jenis LED agar lebih hemat. (MuriaNewsCom/Wahyu KZ)

MuriaNewsCom, Jepara – Dinas Bina Marga Pengairan dan Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Jepara melakukan pergantian terhadap 541 unit lampu penerangan jalan umum (LPJU), di sejumlah titik di wilayah itu, dalam waktu dekat ini.

Jika ratusan lampu itu diganti, maka akan ada ratusan lampu lawas lainnya yang juga tidak akan terpakai. Namun, dinas rupanya sudah memiliki rencana untuk lampu-lampu yang lawas itu.

”Kita memang akan memiliki simpanan lampu lawas dengan jumlah yang sama, dengan lampu baru. Dan kita sudah memikirkan akan dikemanakan lampu-lampu tersebut,” kata Kepala Bidang (Kabid) Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) pada Dinas Bina Marga ESDM Jepara Ngadimin.

Menurutnya, ratusan lampu lawas itu rencananya akan dipasang di sejumlah ruas jalan di wilayah pinggiran kota, yang dinilai rawan. Baik yang rawan kecelakaan maupun yang rawan tindakan kriminal.

”Titik mana yang dipasangi lampu lama, bergantung kerawanan ruas jalan. Tapi kita juga masih harus mengecek kondisi lampu lama itu sendiri, apakah masih memungkinkan untuk digunakan kembali atau tidak,” jelas Ngadimin.

Ngadimin mengatakan, ratusan lampu baru memang akan menghuni sejumlah ruas jalan di wilayah itu. Jenisnya adalah lampu LED, sehingga nantinya akan bisa tahan lebih lama dan berfungsi baik.

Jalan yang akan dipasangi lampu baru itu adalah Jalan KM Sukri, Jalan Dr Wahidin, Jalan Suprapto, Jalan Cik Lanang, Jalan Veteran, Jalan Pelabuhan, Jalan KH Gauzan, ruan Jalan Ratu Shima sampai RSI Sultan Hadlirin, ruas jalan di Kecamatan Pakis Aji, Jalan Pati Unus, Jalan Brigjen Katamso, dan Jalan Slamet Riyadi.

Ada juga Jalan MH Tamrin, Jalan Sunan Mantingan, ruas Jalan Ratu Kalinyamat sampai Jalan Mantingan, Jalan Sosrokartono, dan Jalan Pesajen. Serta ruas jalan menuju area wisata seperti di Jalan Tirta Samudera Bandengan.

Penggantian lampu pada LPJU dengan lampu LED itu, disebut Ngadimin merupakan bagian dari efisiensi anggaran. Sebab serapan energi untuk lampu LED lebih hemat 4-5 persen, daripada lampu SON-T.

Lampu LED, menurut Ngadimin, hanya cukup dipasangan dengan kapasitas antara 90 hingga 120 watt. Sedangkan SON-T butuh 150 watt. ”Dengan penghematan energi itu, maka anggaran untuk pembayaran rekening bulanan LPJU juga lebih kecil,” pungkasnya.

Editor: Merie

Komentar

komentar




Artikel terkait lainnya

bupati pati e

Baliho Bakal Calon Bupati Pati Terpasang di Pohon Pakai Paku di Kudus

Selengkapnya →