Loading...
You are here:  Home  >  Info Muria  >  Artikel ini

Meski Anggaran Terbatas, Dinas Bina Marga Ganti Lampu Jalan dengan LED



   /  @ 19:45:38  /  16 September 2016

    Print       Email
jepara-lampu-led-e

Kepala Bidang (Kabid) Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) pada Dinas Bina Marga ESDM Jepara Ngadimin mengatakan sejumlah lampu di area Kota Jepara bakal diganti dengan jenis LED. (MuriaNewsCom/Wahyu KZ)

MuriaNewsCom, Jepara – Dinas Bina Marga Pengairan dan ESDM Jepara bakal mengganti lampu penerangan jalan umum (LPJU) dengan jenis lampu LED. Pasalnya, lampu yang lama masih jenis SON-T.

Lampu yang akan diganti, ada di sejumlah ruas jalan di area Kota Jepara. Kepala Bidang (Kabid) Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) pada Dinas Bina Marga ESDM Jepara Ngadimin mengatakan, pergantian lampu LPJU ini memang sudah direncanakan sejak lama.

”Namun memang baru sebatas lampu di kawasan perkotaan saja. Pasalnya, anggaran kami terbatas, sehingga baru di wilayah kota itu yang diganti,” katanya, Jumat (16/9/2016).

Penggantian lampu, menurut Ngadimin, nantinya memang lebih banyak difokuskan di ruas jalan dalam kota, serta ruas jalan utama menuju Kota Jepara. Ini juga untuk menyesuaikan dengan anggaran yang ada.

Menurutnya, pihaknya merencanakan proyek pergantian lampu LPJU tersebut dapat dilaksanakan dan selesai akhir tahun ini. Sedangkan yang akan diganti adalah 541 unit LPJU, yang tersebar di 34 ruas jalan dalam kota dan sekitarnya.

”Itu seperti di Jalan KM Sukri, Jalan Dr Wahidin, Jalan Suprapto, Jalan Cik Lanang, Jalan Veteran, Jalan Pelabuhan, Jalan KH Gauzan, ruan Jalan Ratu Shima sampai RSI Sultan Hadlirin, ruas jalan di Kecamatan Pakis Aji, Jalan Pati Unus, Jalan Brigjen Katamso, dan Jalan Slamet Riyadi,” paparnya.

Selain itu juga di Jalan MH Tamrin, Jalan Sunan Mantingan, ruas Jalan Ratu Kalinyamat sampai Jalan Mantingan, Jalan Sosrokartono, dan Jalan Pesajen. Serta ruas jalan menuju area wisata seperti di Jalan Tirta Samudera Bandengan.

Ngadimin mengemukakan, rencana tersebut sudah diajukan di APBD Perubahan 2016, dengan jumlah anggaran sebesar Rp 1 miliar. Karena anggaran yang terbatas itu, program tersebut hanya untuk penggantian lampu.

”Karena hanya akan mengganti lampunya saja, sehingga masih akan tetap menggunakan tiang lampu lama. Pasalnya di APBD Perubahan itu tidak diajukan anggaran untuk penggantian tiang lampu,” katanya.

Ngadimin menambahkan, jumlah lampu baru yang dipasang itu terbanyak di ruas jalan menuju kawasan wisata Pantai Tirta Samudera Bandengan. ”Jumlahnya mencapai 50 unit lampu. Paling sedikit di Jalan Imam Bonjol yang hanya empat lampu,” imbuhnya.

Editor: Merie

Komentar

komentar


    Print       Email


Artikel terkait lainnya

KPU Grobogan Perpanjang Jadwal Pendaftaran PPK di 3 Kecamatan, Ini Alasannya

Selengkapnya →