Loading...
You are here:  Home  >  Info Muria  >  Artikel ini

Wabup Minta Anggota FKDM Jepara Lebih Peka



   /  @ 07:25:35  /  16 September 2016

    Print       Email
jepara-fkdm-maneh-e

Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) Kabupaten Jepara diharap bisa lebih peka terhadap gangguan stabilitas keamanan yang terjadi di wilayah itu. (MuriaNewsCom/Wahyu KZ)

MuriaNewsCom, Jepara – Keberadaan Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) Kabupaten Jepara diharapkan bisa menjadi salah satu wadah, bagi upaya menjaga stabilitas keamanan dan ketertiban.

Wakil Bupati Jepara Subroto mengatakan, untuk menyikapi berbagai gangguan keamanan di Kabupaten Jepara secara dini, memang diperlukan forum-forum koordinasi.

”Forum itu melibatkan instansi-instansi vertikal, satuan kerja perangkat daerah (SKPD) terkait, tokoh agama, tokoh masyarakat, dan organisasi masyarakat. Serta lembaga swadaya masyarakat (LSM),” terangnya, dalam rapat koordinasi FKDM, di Pendapa Alit Jepara.

Subroto mengatakan, keberadaan forum ini, untuk mengantisipasi berbagai ancaman yang potensial dan nyata, terhadap keselamatan dan existensi bangsa dan negara. Serta keamanan nasional di daerah.

Menurutnya, stabilitas keamanan dan ketertiban masyarakat saat ini, diwarnai dengan timbulnya beragam konflik sosial di tengah-tengah masyarakat di berbagai daerah di Indonesia. Di mana, konflik ini sebenarnya tidak perlu terjadi.

”Jika semua pihak mempunyai kewaspadaan dini memahami secara mendalam bingkai kebhinekaan bagi bangsa Indonesia, maka konflik tidak akan terjadi. Karena keberagaman merupakan anugerah Tuhan sang pencipta, yang sudah ada sejak bumi Nusantara ini ada,” paparnya.

Subroto mengimbau agar setiap anggota FKDM harus peka dan tanggap, setiap adanya indikasi akan terjadinya gangguan ketentraman dan ketertiban di masyarakat.

”Apalagi jika gangguan itu bisa menicu terganggunya stabilitas daerah. Harus diwaspadai. Anggota juga harus mengambil langkah-langkah strategis dan koordinasi dengan unsur pimpinan di tingkat kecamatan,” imbuhnya.

Editor: Merie

Komentar

komentar


    Print       Email


Artikel terkait lainnya

Jepara Dapat Jatah Rehab RTLH Dari Pemprov Sebanyak 568 Unit

Selengkapnya →