Loading...
You are here:  Home  >  Headlines  >  Artikel ini

Sudah Membolos, Ternyata Siswa SMK Ini Tidak Hafal Pancasila



Reporter:    /  @ 20:45:36  /  15 September 2016

    Print       Email
kudus-bocah-mbolos-e

Siswa dari sebuah SMK di Kecamatan Dawe tertangkap Satpol PP Kudus dalam razia yang dilakukan di wilayah tersebut, Kamis (15/9/2016). (MuriaNewsCom/Faisol Hadi)

MuriaNewsCom, Kudus – Enam orang siswa sebuah sekolah menengah kejuruan (SMK) di Kecamatan Dawe yang tertangkap aparat Satpol PP Kudus karena membolos, ternyata tidak hafal Pancasila.

Hal itu terlihat saat keenamnya diminta untuk menyebutkan Pancasila, sebagai salah satu bentuk hukuman yang diberikan kepada mereka. Siswa yang dirazia pada Kamis (15/9/2016) ini mengaku memang tidak hafal Pancasila.

Kasi Tibum dan Tibmas pada Satpol PP Kudus Sukrin Subiyanto mengatakan jika pihaknya memang meminta para siswa untuk menyebutkan sila-sila dalam Pancasila, sebelum membebaskannya.

”Ini bentuk dari hukuman kepada mereka yang sudah berani membolos. Hanya saja, tidak ada satupun yang kemudian hafal Pancasila. Ini kan, sungguh sangat ironis sekali,” terangnya.

Akibat tidak hafal Pancasila itu, menurut Sukrin, siswa lantas meminta supaya menghafalkan hal lain. Yakni memilih membaca surat Alfatihah. Pasalnya, surat Alquran ini sudah demikian sangat dihafal oleh mereka.

Petugas Satpol PP kemudian membolehkan siswa untuk membacakan surat Alfatehah tersebut. Hanya saja, petugas juga memberikan nasihat kepada para siswa, agar bisa paham soal Pancasila.

”Mereka juga harus paham. Soalnya kan, ini adalah salah satu hal yang penting diketahui. Masak, Pancasila tidak hafal. Kita minta supaya siswa bisa hafal dan memahami Pancasila,” tegasnya.

Terkait dengan patroli terhadap anak-anak yang membolos, Sukrin menambahkan jika ke depan pihaknya akan lebih mengintensifkannya. ”Patroli ini penting, untuk bisa membuat situasi wilayah tetap kondusif. Mudah-mudahan tidak ada lagi yang terjaring dalam razia yang kami lakukan,” imbuhnya.

Editor: Merie

Komentar

komentar




Artikel terkait lainnya

bupati pati e

Baliho Bakal Calon Bupati Pati Terpasang di Pohon Pakai Paku di Kudus

Selengkapnya →