Loading...
You are here:  Home  >  Headlines  >  Artikel ini

Inspiratif! Anggota TNI di Pati Kembangkan Peternakan Kelinci Terpadu



Reporter:    /  @ 18:30:44  /  15 September 2016

    Print       Email
Serda Parman (kiri) mendampingi Dandim 0718/Pati Letkol Inf Amijaya Kusuma dalam peresmian peternakan kelinci Kembangjoyo. (MuriaNewsCom/Lismanto)

Serda Parman (kiri) mendampingi Dandim 0718/Pati Letkol Inf Amijaya Kusuma dalam peresmian peternakan kelinci Kembangjoyo. (MuriaNewsCom/Lismanto)

MuriaNewsCom, Pati – Anggota TNI yang bertugas di Koramil 13/Tlogowungu, Pati, Serda Parman, bersama dengan anggotanya di Asosiasi Peternak Kelinci Kembangjoyo tidak pernah berhenti membuat terobosan baru. Usai mengembangkan kelinci dengan teknologi modern, kini dia mendatangkan fermentor.

Fermentor berfungsi sebagai pengolah limbah kotoran kelinci menjadi biogas dan cairan yang bisa digunakan untuk keperluan rumah tangga. Dengan terobosan baru tersebut, Serda Parman berharap bisa mengembangkan peternakan kelinci terpadu di Pati.

“Peternakan kelinci terpadu masih sangat jarang dilakukan. Justru dengan itu, kami tertantang untuk mewujudkannya. Kami ingin mengembangkan dari aspek teknologi dan bisnis. Kami ingin mengawali dan bisa memberi inspirasi,” kata Serda Parman, Kamis (15/09/2016).

Selama ini, peternakan kelinci sebatas pada pemanfaatan daging untuk dikonsumsi. Sementara itu, peternakan kelinci terpadu yang mengembangkan dari semua aspek, mulai dari daging, kotoran, hingga bulu masih sangat jarang dilakukan.

Karena itu, Serda Sarman bersama anggotanya akan mencoba untuk mengembangkan peternakan kelinci terpadu. Dengan begitu, semua bagian kelinci bisa mendatangkan nilai ekonomis, termasuk air kencing dan kotorannya.

“Air kencing dan kotoran kelinci selama ini kita sudah memanfaatkan sebagai pupuk organik. Namun, kita sudah mendatangkan fermentor untuk mengubah limbah kotoran menjadi biogas. Biogas itu yang dimanfaatkan dengan fungsinya seperti gas LPG,” pungkasnya.

Editor : Kholistiono

Komentar

komentar




Artikel terkait lainnya

bupati pati e

Baliho Bakal Calon Bupati Pati Terpasang di Pohon Pakai Paku di Kudus

Selengkapnya →