Loading...
You are here:  Home  >  Info Muria  >  Artikel ini

Para Calo STNK di Jepara Bakal Gigit Jari karena Model Satu Ini



   /  @ 12:35:16  /  15 September 2016

    Print       Email
jepara-aplikasi-stnk-e

Kasatlantas Polres Jepara AKP Andhika Wiratama menunjukkan aplikasi untuk mengetahui biaya perpanjangan STNK dan balik nama, yang ada di ponsel berbasis Android. (MuriaNewsCom/Wahyu KZ)

MuriaNewsCom, Jepara – Kedudukan calo yang biasa mengurus perpanjangan surat tanda nomor kendaraan (STNK) di wilayah Kabupaten Jepara, tampaknya bakal tergusur dengan kehadiran model baru pengecekan yang ditawarkan Satlantas Jepara.

Ya, untuk melakukan perpanjangan STNK maupun balik nama kendaraan, sekarang ini sudah diperkenalkan aplikasi baru lewat Android, yang bisa mengecek tarif dari kedua layanan tadi.

Aplikasi tersebut bernama Info Pajak Kendaraan Bermotor Jawa Tengah. Di sana menampilkan informasi perpajakan kendaraan, dengan cukup memasukkan huruf dan angka pelat nomor kendaraan.

”Info perpajakan itu ada di website DPPKAD Jawa Tengah. Kemudian untuk semakin memudahkan dan mendekatkan pada masyarakat, kami membuat aplikasinya via Android,” ujar Kasatlantas Polres Jepara AKP Andhika Wiratama kepada MuriaNewsCom, Kamis (15/9/2016).

Menurutnya, kini tidak perlu khawatir ketika mau melakukan perpanjangan STNK maupun balik nama. Biaya yang harus dikeluarkan sudah tertera dengan jelas, sehingga tidak usah mengeluarkan biaya yang lebih mahal lewat calo.

”Dengan aplikasi ini, bisa meminimalisir praktik percaloan. Masyarakat bisa lebih tahu berapa sebenarnya biaya yang harus dibayarkan untuk perpanjangan atau balik nama,” katanya.

Andhika mengatakan, aplikasi via Android tersebut dibuat sejak sepekan lalu, dan sudah dapat langsung diunduh. Ia juga memastikan, tidak hanya kendaraan asal Jepara saja yang dapat dicek, namun juga kendaraan dari luar kota se-Jawa Tengah.

”Diharapkan melalui aplikasi ini, dapat semakin memudahkan dan mendekatkan pelayanan pajak kendaraan kepada masyarakat,” terangnya.

Selain aplikasi itu, pihaknya juga mengembangkan sejumlah aplikasi lain untuk mengetahui identitas pemilik kendaraan, melalui nomor rangka. Selain itu juga dibuat aplikasi info lakalantas Jepara. ”Itu semua dibuat untuk mendukung program berbasis informasi teknologi dari Polri,” imbuhnya.

Editor: Merie

 

Komentar

komentar


    Print       Email


Artikel terkait lainnya

Begini Penjelasan KH Anwar Zahid Terkait Pentingnya Bersyukur saat Bangun Tidur

Selengkapnya →