Loading...
You are here:  Home  >  Regional  >  Grobogan  >  Artikel ini

Kejari Grobogan Berikan Penyuluhan Hukum pada Pelajar



Reporter:    /  @ 11:15:52  /  15 September 2016

    Print       Email
Kepala Kejaksaan Negeri Grobogan Abdullah (berdiri) menyampaikan penyuluhan hukum pada guru dan pelajar di aula SMAN 1 Purwodadi, Kamis (15/9/2016). (MuriaNewsCom/Dani Agus)

Kepala Kejaksaan Negeri Grobogan Abdullah (berdiri) menyampaikan penyuluhan hukum pada guru dan pelajar di aula SMAN 1 Purwodadi, Kamis (15/9/2016). (MuriaNewsCom/Dani Agus)

MuriaNewsCom, Grobogan – Selain penindakan, upaya pencegahan terhadap kenakalan remaja perlu dilakukan melalui beberapa kegiatan. Salah satunya dengan melangsungkan penyuluhan ke sekolah-sekolah.

“Upaya pencegahan perlu kita kedepankan dalam menekan angka kenakalan di kalangan remaja, khususnya pada adik-adik pelajar. Upaya pencegahan bisa dilakukan dengan model pembinaan dan pendekatan,” tegas Kepala Kejaksaan Negeri Grobogan Abdullah, saat menyampaikan penyuluhan hukum pada guru dan pelajar di aula SMAN 1 Purwodadi, Kamis (15/9/2016).

Menurut Abdullah, dalam upaya pencegahan tersebut, pihaknya meluncurkan progam Jaksa Masuk Sekolah (JMS). Melalui program ini, para jaksa akan melakukan serangkaian pembinaan di sejumlah sekolah yang ada di Grobogan secara rutin.

“Progam JMS perdana kita langsungkan di SMAN 1 Purwodadi akhir Februari lalu.  Sasaran awal kita adalah sekolah tingkatan SMA, baik negeri atau swasta. Selanjutnya, akan kita jadwalkan pada sekolah-sekolah lain termasuk SMP. Sasaran kita, tidak hanya sekolah di kawasan kota saja tetapi juga sekolah yang ada di daerah pinggiran,” jelasnya.

Menurutnya, salah satu penekanan yang disampaikan pada para pelajar dalam program JMS adalah terkait bahaya penggunaan narkoba. Selain itu, masalah yang berkaitan dengan hukum serta tugas jaksa juga jadi materi pengarahan pada para pelajar.

Sebagi generasi penerus bangsa, Abdullah meminta para pelajar agar menjauhi barang terlarang tersebut. Salah satu upaya untuk menjauhkan diri dari pengaruh narkoba bisa dilakukan dengan melakukan banyak kegiatan positif. Misalnya, aktif dalam olahraga atau kegiatan ekstrakurikuler lainnya yang ada disekolah.

“Masalah narkoba ini sudah jadi persoalan yang cukup serius. Untuk itu jangan sekali-kali berdekatan dengan narkoba. Sebagai pelajar, fokus utama adalah menuntut ilmu sebagai bekal masa depan,” sambungnya.

Sementara itu, Kabid SMP, SMA, SMK Dinas Pendidikan Grobogan Mus Hadi Purwanto merespon postif adanya penyuluhan hukum melalui program jaksa masuk sekolah tersebut. Sebab, lewat kegiatan ini, para guru dan pelajar akan mendapatkan banyak masukan dari narasumber yang menguasi bidang tugasnya.

“Kami berterima kasih sekali karena para pelajar mendapat kesempatan pembinaan dari pihak kejaksaan. Progam ini sangat positif dan akan banyak manfaatnya buat guru dan anak-anak,” katanya didampingi Kepala SMAN 1 Purwodadi Amin Hidayat.

Editor : Kholistiono

Komentar

komentar




Artikel terkait lainnya

bupati pati e

Baliho Bakal Calon Bupati Pati Terpasang di Pohon Pakai Paku di Kudus

Selengkapnya →