Loading...
You are here:  Home  >  Regional  >  Grobogan  >  Artikel ini

Ratusan Anggota Polres Grobogan Jalani Tes HIV/AIDS



Reporter:    /  @ 08:08:39  /  15 September 2016

    Print       Email
Wakapolres Grobogan Kompol Wahyudi Satriyo Bintoro ikut menjalani pemeriksaan kesehatan bersama anggotanya, Rabu (14/09/2016). (MuriaNewsCom/Dani Agus)

Wakapolres Grobogan Kompol Wahyudi Satriyo Bintoro ikut menjalani pemeriksaan kesehatan bersama anggotanya, Rabu (14/09/2016). (MuriaNewsCom/Dani Agus)

MuriaNewsCom, Grobogan – Ratusan anggota Polres Grobogan, diwajibkan untuk mengikuti pemeriksaan kesehatan di Aula Jananuraga Polres Grobogan, Rabu (14/09/2016). Pemeriksaan ini berbeda dari yang sudah dilakukan sebelumnya. Sebab, para anggota polisi ini juga harus menjalani tes HIV/AIDS di situ.

“Kegiatan ini dilakukan oleh petugas medis dari Dokkes Polres Grobogan bekerja sama dengan Dinas Kesehatan. Pemeriksaan kesehatan dilakukan sebagai upaya pencegahan dini terhadap perkembangan HIV/AIDS bagi anggota Polri dan keluarganya,” ungkap Wakapolres Grobogan Kompol Wahyudi Satriyo Bintoro pada wartawan.

Ia mengatakan, petugas medis yang didatangkan terdiri dari sejumlah dokter ahli dan puluhan para medis. Jika kita temukan ada kelainan atau gangguan kesehatan maka anggota tersebut akan dirujuk ke rumah sakit.

Pemeriksaan ini ditujukan sebagai tindakan preventif, deteksi dini dari kelainan kesehatan yang mengancam jiwa anggota kepolisian. Khususnya, terhadap penyakit HIV/AIDS yang hingga kini belum ditemukan obatnya tersebut.

Untuk kegiatan kemarin, baru 250 anggota yang diperiksa kesehatannya. Kemudian, ada juga 50 anggota Bhayangkari yang ikut tes kesehatan tersebut. Pelaksanaan tes HIV/ AIDS ini sedikit berbeda dengan pemeriksaan urine berkaitan narkoba. Para anggota sebelumnya sudah diberitahu kalau harus mengikuti tes HIV/AIDS.

Sementara, pada pemeriksaan urine dilakukan secara mendadak tanpa pemberitahuan sebelumnya. Pemeriksaan kesehatan, khususnya HIV/AIDS tidak bisa dilakukan pada semua anggota sekaligus. Tetapi, nantinya akan dilakukan secara bertahap, karena sebagian anggota harus melaksanakan tugas rutin.

“Semua anggota harus tahu kondisi kesehatannya. Oleh sebab itu, adanya pemeriksaan kesehatan sangat bermanfaat sekali dan kita harapkan semua anggota bisa terlibat dalam kegiatan seperti ini,” imbuh Wahyudi.

Editor : Kholistiono

Komentar

komentar


    Print       Email


Artikel terkait lainnya

Bupati Grobogan Minta Dukungan Pusat dan Pemprov untuk Tuntaskan Perbaikan Gedung SD Rusak

Selengkapnya →