Loading...
You are here:  Home  >  Headlines  >  Artikel ini

Dapat Pinjaman Modal, Bakul Keliling Rembang Bisa Bayar Angsuran dengan Tepat Waktu



Reporter:    /  @ 22:00:33  /  14 September 2016

    Print       Email
Puluhan bakul keliling di Rembang saat mengikuti pembinaan dari PT. Semen Indonesia tentang permodalan di Rumah Nenek Rembang, Rabu (14/9/2016). (MuriaNewsCom/Edy Sutriyono)

Puluhan bakul keliling di Rembang saat mengikuti pembinaan dari PT. Semen Indonesia tentang permodalan di Rumah Nenek Rembang, Rabu (14/9/2016). (MuriaNewsCom/Edy Sutriyono)

MuriaNewsCom, Rembang – Sebanya 60 pedagang yang tergabung dalam Paguyuban Bakul Belanja Keliling Rembang (PB2KR) binaan PT Semen Indonesia, beberapa bulan lalu mendapatkan bantuan pinjaman modal, dengan besaran Rp 3 juta per orang. Pinjaman modal tersebut dapat diangsur selama 18 bulan, dan saat ini sudah berjalan selama 11 bulan.

Koordinator PB2KR Linda Setyowati mengatakan, selama 11 bulan ini, bakul keliling yang mendapatkan pinjaman modal tersebut selalu tepat untuk membayar angsuran. “Modal belanja itu memang dari pihak Semen, namun kita cairkan melalui Bank Mandiri. Setiap orangnya mendapatkan bantuan modal sebesar Rp 3 juta untuk jangka waktu selama 18 bulan,” kata Linda, saat memandu kegiatan pembinaan penjual keliling di Rumah Nenek Rembang, Rabu (14/9/2016).

Menurutnya, pihaknya sengaja menggandeng PT Semen Indonesia untuk bisa berpartisipasi dalam penguatan ekonomi masyarakat. Sebab, dirinya merasa cukup iba dengan kondisi bakul keliling yang selama ini untuk permodalan terkadang harus meminjam kepada rentenir atau sering disebut sebagai bank titil.

“Saya dahulunya itu iba terhadap penjual keliling Rembang yang sering terbelit hutang bank titil. Namun setelah saya teliti di pasar, di lapangan dan lainnya. Maka ditahun 2015 silam saya langsung mengumpulkan ibu-ibu penjual keliling itu di rumah saya,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Seksi Bina Lingkungan PT Semen Indonesia Abdul Manan menyampaikan, pihaknya sangat mengapresiasi kelancaran pembayaran angsuran itu.”Tentunya saya sangat mengapresiasi itu semua. Bila itu bisa lunas tepat waktu hingga angsuran yang ke -18, maka akan kita ajukan lagi modal tersebut kepada atasan. Modal itu akan kita tambah lagi nominalnya. Bukan hanya Rp 3 juta per orang,  tapi bisa lebih,” ungkapnya.

Editor : Kholistiono

Komentar

komentar




Artikel terkait lainnya

bupati pati e

Baliho Bakal Calon Bupati Pati Terpasang di Pohon Pakai Paku di Kudus

Selengkapnya →