Loading...
You are here:  Home  >  Info Muria  >  Artikel ini

Tes Urine Narkoba untuk PNS Disebut Pertama di Pati



Reporter:    /  @ 15:05:29  /  14 September 2016

    Print       Email
Seorang petugas Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Pati tengah mengecek urine pejabat struktural pemkab menggunakan reagen enam parameter di Ruang Kembang Joyo Setda Pati, Rabu (14/09/2016). (MuriaNewsCom/Lismanto)

Seorang petugas Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Pati tengah mengecek urine pejabat struktural pemkab menggunakan reagen enam parameter di Ruang Kembang Joyo Setda Pati, Rabu (14/09/2016). (MuriaNewsCom/Lismanto)

MuriaNewsCom, Pati – Tes urine untuk mendeteksi adanya kemungkinan pegawai negeri sipil (PNS) yang menggunakan narkoba disebut baru pertama kali dilakukan di Kabupaten Pati. Hal itu diungkap Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Pati dr Aviani Tritanti Venusia, Rabu (14/09/2016).

“Beberapa waktu lalu, tes urine dilakukan untuk bupati dan wakilnya, serta kepala dinas. Kali ini, kita mengadakan tes urine untuk pejabat eselon III dan IV. Selama ini, belum ada tes urine untuk PNS di Pati. Tahun ini, kita uji coba untuk pejabat struktural, karena mereka menjadi contoh untuk staf-stafnya,” kata dr Aviani.

Dalam tes urine, dia menggunakan metode reagen stik enam parameter. Setelah dicek, hasilnya akan diketahui apakah positif atau negatif. Enam parameter yang dimaksud, antara lain deteksi napza jenis morfin, kokain, amfetamin, benzodiazepin, metamfetamin, dan mariyuana (THC).

Sementara itu, Bupati Pati Haryanto mengatakan, agenda tes urine untuk pejabat struktural pemkab menjadi bagian dari upaya untuk mencanangkan PNS di Pati bebas dari penyalahgunaan narkoba. Pasalnya, peredaran narkoba bisa saja masuk ke instansi pemerintahan.

Karena itu, langkah antisipatif perlu dilakukan untuk mencegah penyalahgunaan narkoba secara preventif. Sebab, penyalahgunaan narkoba bukan hanya berasal dari faktor individu, tetapi juga kesempatan dari orang tidak bertanggung jawab untuk memasukkan barang haram hingga ke instansi pemerintahan.

Adi Rusmanto, Kepala Kelurahan Pati Lor yang menjadi peserta tes urine mengaku senang dengan adanya agenda tersebut. Hal itu diharapkan bisa memberi semangat bagi pejabat untuk memberikan contoh kepada stafnya agar menjauhi narkoba.

Editor : Kholistiono

Komentar

komentar


    Print       Email


Artikel terkait lainnya

Bupati Grobogan Minta Dukungan Pusat dan Pemprov untuk Tuntaskan Perbaikan Gedung SD Rusak

Selengkapnya →