Loading...
You are here:  Home  >  Headlines  >  Artikel ini

Unjuk Rasa di PN Pati Berujung Anarkis, Ratusan Polisi dan TNI Diturunkan



Reporter:    /  @ 12:18:02  /  14 September 2016

    Print       Email
Puluhan polisi membentuk benteng pengamanan ketika massa mencoba merangsek masuk dan membakar ban di Kantor Pengadilan Negeri Pati, Rabu (14/09/2016). (MuriaNewsCom/Lismanto)

Puluhan polisi membentuk benteng pengamanan ketika massa mencoba merangsek masuk dan membakar ban di Kantor Pengadilan Negeri Pati, Rabu (14/09/2016). (MuriaNewsCom/Lismanto)

MuriaNewsCom, Pati – Massa yang tidak terima hasil putusan hukum Pengadilan Negeri (PN) Pati menggelar aksi unjuk rasa di depan Kantor PN, Rabu (14/09/2016). Aksi tersebut berlangsung anarkis hingga 375 polisi dan seratus brimob diturunkan untuk menghalau massa.

Aksi anarkis berlangsung ketika polisi dilempari dengan botol air mineral hingga sejumlah ban dibakar di depan Kantor PN. Massa sempat kocar-kacir ketika petugas menembakkan gas air mata dari mobil Water Cannon.

Bahkan, sekitar lima anggota Brimob sempat menembakkan peluru dari senapan laras panjang yang dibawa. Satu orang yang diduga menjadi provokator berhasil dilumpuhkan, karena terus menyerang polisi.

Suasana PN berubah begitu mencekam. Beruntung, massa yang sempat membakar ban bekas di dua titik, depan kantor dan pinggir jalan raya berhasil dibubarkan. Aksi dramatis yang berlangsung selama satu jam tersebut merupakan aksi simulasi yang dilakukan Polres Pati untuk pengamanan, termasuk latihan pengamanan Pilkada Pati 2017.

Kabag Ops Polres Pati Kompol Sundoyo mengatakan, simulasi pengamanan kota dilakukan sebagai latihan untuk menghadapi kemungkinan kerusuhan menjelang hingga Pilkada Pati 2017. “Kerawanan kerusuhan bisa saja muncul menjelang pilkada. Karena itu, kami siapkan dengan melakukan simulasi pengamanan kota,” kata Kompol Sundoyo.

Dalam simulasi tersebut, polisi melibatkan anggota TNI dari Kodim 0718/Pati sebagai pasukan keamanan yang melakukan back up ketika dibutuhkan. Selain itu, sejumlah dinas terkait seperti Dinas Pemadam Kebakaran dan Palang Merah Indonesia (PMI) juga dilibatkan.

Editor : Kholistiono

Komentar

komentar




Artikel terkait lainnya

bupati pati e

Baliho Bakal Calon Bupati Pati Terpasang di Pohon Pakai Paku di Kudus

Selengkapnya →