Publisher is the useful and powerful WordPress Newspaper , Magazine and Blog theme with great attention to details, incredible features...

Puluhan Siswa SMAN 1 Lasem Ikuti Pelatihan Jurnalistik

8
Musa, narasumber dalam pelatihan jurnalistik yang berlangsung di SMAN 1 Lasem, Rabu (14/09/2016). (MuriaNewsCom/Edy Sutriyono)
Musa, narasumber dalam pelatihan jurnalistik yang berlangsung di SMAN 1 Lasem, Rabu (14/09/2016). (MuriaNewsCom/Edy Sutriyono)

MuriaNewsCom, Rembang – Sedikitnya 60 siswa SMAN 1 Lasem mengikuti pelatihan jurnalistik yang berlangsung di sekolah setempat, Rabu (14/09/2016). Kegitan ini, merupakan serangkaian roadshow pelatihan jurnalistik yang diigelar Forum Wartawan Rembang (FWR).

Dalam pelatihan ini, ada beberapa materi yang diberikan kepada siswa, di antaranya mengenai teknik penulisan berita, teknik wawancara, teknik merencanakan berita, teknik pengambilan gambar dan lain sebagainya.

Musa, salah satu narasumber pelatihan jurnalistik tersebut menyampaikan, jika dalam pelatihan jurnalistik tersebut, hanya inti dari beberapa bagian jurnalistik yang disampaikan. Namun demikian, hal itu sudah bisa memberikan gambaran umum mengenai jurnalistik.

“Dalam pelatihan ini, saya lebih fokus memberikan materi mengenai media elektronik, khususnya pertelevisian. Saya berikan pengetahuan kepada siswa, baik dari mulai dari teknik pengambilan gambar, menentukan kebutuhan gambar, proses editing gambar, pengiriman gambar dan sebagainya,” ujarnya.

Menurutnya, untuk pengambilan gambar agar mendapatkan hasil yang bagus, ada beberapa teknik yang harus dikuasai. Misalnya, pengambilan gambar dari jarak dengan jarak yang jauh, dekat, close up hingga durasai pengambilan gambar.

Dirinya berharap, dengan adanya pelatihan tersebut, siswa bisa mengenal tentang jurnalistik. Sehingga, nantinya hal ini dapat memicu siswa untuk belajar lebih jauh mengenai jurnalistik. “Semoga kegiatan ini bisa memberikan manfaat. Apalagi, siswa memang sejak dini harus dipacu untuk mencintai dunia tulis menulis,” ungkapnya.

Editor : Kholistiono

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.