Loading...
You are here:  Home  >  Regional  >  Grobogan  >  Artikel ini

Santri Ponpes Miftahul Huda Grobogan Sembelih Ribuan Hewan Kurban



Reporter:    /  @ 22:07:15  /  13 September 2016

    Print       Email
Santri Ponpes Miftahul Huda Masih Menyembelih Ratusan Hewan Kurban pada Idul Adha hari kedua, Selasa (13/09/2016). (MuriaNewsCom/Dani Agus)

Santri Ponpes Miftahul Huda Masih Menyembelih Ratusan Hewan Kurban pada Idul Adha hari kedua, Selasa (13/09/2016). (MuriaNewsCom/Dani Agus)

MuriaNewsCom, Grobogan – Suasana Pondok Pesantren (Ponpes) Miftahul Huda, Desa Ngroto, Kecamatan Gubug, Grobogan masih terlihat ramai pada Idul Adha hari kedua, Selasa (13/9/2016). Pasalnya, di tempat itu masih ada kegiatan penyembelihan hewan kurban.Jumlah hewan kurban yang disebelih di situ juga cukup banyak. Karena mencapai ratusan. Baik kambing maupun sapi.

Pengasuh Ponpes Miftahul Huda KH Munir Abdulah menyatakan, hewan kurban yang disembelih totalnya ada 1.224 ekor. Terdiri dari 1.200 ekor kambing dan 24 ekor sapi. Hewan kurban ini diperoleh dari sumbangan kelompok muslim yang berada di Singapura.

“Penyembelihan hewan kurban ini kita lakukan dalam dua hari, karena jumlahnya banyak. Untuk teknis penyembelihan dan lainnya, dilibatkan 250 santri dibantu warga sekitar,” ungkap sesepuh Al Khidmah.

Hewan kurban yang disembelih di halaman Ponpes Miftahul Huda ini didistribusikan ke sejumlah lokasi. Antara lain, sejumlah Ponpes di Solo, Semarang dan Grobogan. Kemudian, ke Fatayat dan Muslimat NU di sejumlah Kecamatan di Grobogan, Kepala Desa se-Kecamatan Gubug, Jamaah Al Khidmah Grobogan serta warga Desa Ngroto.

“Khusus untuk Desa Ngroto sebanyak 1.780 KK, kita salurkan sebanyak 250 ekor kambing dan 17 ekor sapi. Masing masing mendapatkan 5 kilogram daging yang sudah dibungkus plastik,” tutur ulama kharismatik tersebut.

Jumlah hewan kurban pada tahun ini meningkat bila dibandingkan dengan tahun 2015 lalu. Sebab tahun ini, sumber donasi kurban berasal dari warga muslim di Singapura yang diamanahkan kepada Ponpes Miftahul Huda.

“Kita dapat amanah dari umat muslim di Singapura untuk menyalurkan amalan mereka kepada yang berhak. Kita berupaya mengemban amanah ini sebaik mungkin,” imbuhnya.

Ia menambahkan, berkurban saat hari raya Idul Adha, sangat dianjurkan kepada umat muslim yang memiliki kemampuan, khususnya finansial. Sebab, dengan berkurban dapat menumbuhkan rasa empati terhadap sesama dan melatih diri untuk menjadi dermawan serta menghindarkan diri dari sifat tamak.

Editor : Kholistiono

Komentar

komentar




Artikel terkait lainnya

bupati pati e

Baliho Bakal Calon Bupati Pati Terpasang di Pohon Pakai Paku di Kudus

Selengkapnya →