MuriaNewsCom
Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Tumpeng dan Hasil Bumi Diarak di Lebak Jepara

65
Warga melakukan arak-arakan hasil bumi di Desa Lebak, Kecamatan Pakisaji, Jepara, Selasa. (MuriaNewsCom/Wahyu KZ)
Warga melakukan arak-arakan hasil bumi di Desa Lebak, Kecamatan Pakisaji, Jepara, Selasa. (MuriaNewsCom/Wahyu KZ)

MuriaNewsCom, Jepara – Ribuan warga Desa Lebak, Kecamatan Pakisaji, Jepara, menggelar Festival Tumpeng dan Hasil Bumi dalam rangka Sedekah Bumi. Berbagai macam hasil bumi seperti pisang, ketela, kacang, jagung dan berbagai jenis buah, serta sayuran diarak.

Hasil bumi dan tumpeng diarak dari kantor Kecamatan Pakisaji hingga balai desa setempat, yang berjarak sekitar 4 kilometer (km). Tak hanya pemuda desa, bapak, dan ibu juga turut memeriahkannya.

Mereka terbagi dalam 30 kelompok yang mewakili tiap rukun tetangga (RT). Saking antusiasnya, tiap kelompok tidak hanya menampilkan hasil bumi dan tumpeng. Tetapi mereka juga rela menghias diri sedemikian rupa agar menunjang arak-arakan.

Usai diarak, tumpeng dan hasil bumi dikumpulkan di balai desa dan warga doa bersama. Usai berdoa, masyarakat memperebutkan hasil bumi dan tumpeng tersebut.

“Ini agenda desa setiap tahun, yang dilaksanakan Rabu Pahing setelah Idul Adha, yang juga setelah musim tanam ketiga. Ini sebagai wujud syukur masyarakat atas anugerah Allah,” ujar Petinggi Desa Lebak Moh Sodiq kepada MuriaNewsCom, Selasa (13/9/2016).

Menurutnya, agenda festival ini rangkaian dari agenda sedekah bumi. Selain wujud syukur juga bentuk kerukunan antarwarga di desa setempat. “Antusiasme warga sangat tinggi. Setiap tahun tambah ramai. Ini juga bentuk kekompakan masyarakat yang harus dijaga,” katanya.

Sebelum festival ini juga telah digelar pameran produk unggulan desa, manganan yakni tradisi yang digelar di punden desa. Usai festival ini juga digelar pertunjukan wayang kulit pada malam hari.

Editor : Akrom Hazami

United Futsal Pc

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.