Loading...
You are here:  Home  >  Info Muria  >  Artikel ini

Bupati Rembang Masuk Nominasi Penilaian sebagai Kepala Daerah yang Dukung Penanaman Satu Miliar Pohon



Reporter:    /  @ 15:22:01  /  13 September 2016

    Print       Email
Bupati Rembang Abdul Hafidz (depan) saat menerima kunjungan tim penilai dari Provinsi Jateng, Selasa (13/09/2016). (MuriaNewsCom/Edy Sutriyono)

Bupati Rembang Abdul Hafidz (depan) saat menerima kunjungan tim penilai dari Provinsi Jateng, Selasa (13/09/2016). (MuriaNewsCom/Edy Sutriyono)

MuriaNewsCom, Rembang – Komitmen Bupati Rembang  Abdul Hafidz untuk melakukan penghijauan di wilayah  Rembang ternyata mendapatkan apresiasi dari Pemerintah Provinsi Jawa Tengah.Kabupaten Rembang tahun ini mendapat nominasi penilaian lomba Bupati atau Walikota Peduli Penanaman Pohon Tahun 2015 Tingkat Provinsi Jawa Tengah.

Bupati Rembang Abdul Hafidz mengatakan, penghijauan di Rembang tidak hanya mengandalkan dari pemerintah daerah, provinsi maupun pusat saja. “Namun pengjijauan itu  juga atas kepedulian dari pihak lain seperti halnya TNI, Polri, BUMN, swasta maupun kelompok masyarakat ataupun LSM lingkungan,” kata Bupati Rembang Abdul Hafidz saat menerima kunjungan tim penilai dari Provinsi Jateng di ruang kerja bupati, Selasa (13/9/2016).

Menurutnya, dalam satu tahun, penanaman pohon di Rembang bisa terlaksana 10 – 20 kali. Sementara itu, dalam pemilihan tanaman, pihaknya memilih tanaman yang tidak terlalu membutuhkan banyak air. Hal ini dikarenakan Kabupaten Rembang termasuk salah satu daerah dengan curah hujan yang rendah.

“Saat ini, hutan rakyat sudah mulai dikenal oleh masyarakat Rembang, banyak lahan kritis yang sudah mulai ditanami seperti pohon jati. Demikian juga dengan lahan kosong lainnya yang juga ditanami berbagai jenis tanaman dari masyarakat. Dengan diadakannya lomba ini, saya berharap penghijauan di Kabupaten Rembang semakin menggeliat,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian dan Kehutanan Kabupaten Rembang Suratmin menjelaskan, untuk melaksanakan program penanaman satu miliar pohon, Kabupaten Rembang telah membentuk kelompok kerja penanaman satu miliar pohon.”Kelompok kerja tersebut, telah melaksanakan berbagai sosialisasi dan kegiatan terkait penanaman satu miliar pohon di Kabupaten Rembang tahun 2015,” katanya.

Dia menambahkan, pada tahun 2015, jumlah bibit yang disalurkan untuk penanaman pohon adalah 758.373 pohon. Baik mulai dari pantai, daratan ataupun pegunungan.Namun menurutnya, jumlah tersebut masih bisa bertambah, karena banyak penanaman pohon yang dilakukan kelompok masyarakat tanpa pemberitahuan kepada pemerintah,” pungkasnya.

Editor : Kholistiono

 

Komentar

komentar


    Print       Email


Artikel terkait lainnya

2 Perwira Polres Grobogan Berganti Wajah, Ini Sosoknya

Selengkapnya →