Loading...
You are here:  Home  >  Info Muria  >  Artikel ini

Panitia Kurban di Jepara Ini Dibentuk Sejak 5 Tahun, Lho



   /  @ 02:48:50  /  13 September 2016

    Print       Email
Panitia kurban sedang  menata daging kurban di Desa Suwawal, Kecamatan Mlonggo, Jepara. (MuriaNewsCom/Wahyu KZ)

Panitia kurban sedang  menata daging kurban di Desa Suwawal, Kecamatan Mlonggo, Jepara. (MuriaNewsCom/Wahyu KZ)

MuriaNewsCom, Jepara – Panitia kurban di Masjid Babussalam, Desa Suwawal, Kecamatan Mlonggo, Jepara, dibentuk jauh-jauh hari, yakni lima tahun yang lalu. Itu dilakukan agar persiapan matang dan jumlah hewan yang dijadikan kurban, semakin banyak.

Terbukti, tahun ini, panitia kurban masjid tersebut mampu mengumpulkan sembilan ekor sapi dan tujuh ekor kambing. Jumlah tersebut tergolong paling banyak di antara masjid lain di desa setempat dan sekitarnya. “Iya kami yang paling banyak di antara masjid lain. Ada sembilan ekor sapi dan tujug ekor kambing. Ini karena kami paling lama membentuk panitia kurban. Sudah berjalan lima tahun ini. Sedangkan masjid lain baru mulai tahun ini,” kata ketua panitia kurban Masjid Babussalam Amin Fatah bersama sekretaris Nadlori, Senin (12/9/2016).

Ia menceritakan, hingga H-1 Hari Raya Kurban, panitia berhasil menghimpun sembilam ekor sapi dan dua ekor kambing. Rata-rata, bentuknya menyetor uang masing-masing senilai Rp 2,2 juta dengan catatan, Rp 2 juta untuk hewan kurban, dan Rp 200 ribu untuk operasional. “Menjelang pemotongan hewan kurban pada hari pertama Idul Adha, ada tambahan lima warga yang menitipkan ke panitia dalam bentuk kambing,” tambahnya.

Dengan jumlah sebanyak itu, panitia membagi lebih dari seribu kantong daging. Tidak hanya untuk warga sekitar masjid namun juga warga desa tetangga yang secara geogrfis tak terlalu jauh dengan masjid. Banyaknya hewan qurban yang terhimpun karena panitia memfasilitasi warga yang ingin berkurban dengan cara menabung ke panitia. Bahkan ada sejumlah janda yang bisa berkurban dengan cara ini. “Menjelang penyembelihan, kami umumkan ke warga soal fasilitas simpanan kurban ini. Harapan kami tahun depan lebih banyak,” tambahnya.

Kesuksesan panitia di Masjid Babussalam dalam lima tahun menginspirasi masjid lain di desa ini membentuk panitia. Secara keseluruhan, Desa Suwawal ini melalui tiga kepanitiaan di tiga masjid yang berbeda, jumlah hewan kurban yang dipotong mencapai 21 ekor sapi dan 12 ekor kambing. Jumlah terbanyak dihimpun panitia di Masjid Babussalam yang terletak di RW 3 desa setempat. “Kami dari RW berhasil menghimpun enam ekor sapi dan seekor sapi,” kata ketua panitia di masjid RW 1 Sudarpatmiyanto.

Sedangkan ketua panitia masjid RW 4 Akib menyebut, tahun pertama ini pihaknya mendapat kepercayaan menyalurkan kurban sebanyak enam ekor sapi dan empat ekor kambing.

Editor : Akrom Hazami

Komentar

komentar


    Print       Email


Artikel terkait lainnya

Wabup Pati Sidak di Dinas Pertanian, Ini Temuannya

Selengkapnya →