Loading...
You are here:  Home  >  Info Muria  >  Artikel ini

Belasan Kabid dan Kasi Bakal Tersingkir Akibat SOTK Baru



Reporter:    /  @ 08:45:59  /  13 September 2016

    Print       Email
Ilustrasi

Ilustrasi

MuriaNewsCom, Rembang – Struktur Organisasi dan Tata Kerja (SOTK) baru di lingkungan Pemerintah Daerah (Pemda) Rembang akan mengurangi belasan posisi pejabat Eselon IV dan V. Hal tersebut diungkapkan Bupati Rembang Abdul Hafidz. Menurutnnya, pejabat eselon IV dan V yang akan dikurangi itu sekelas kepala seksi dan kepala bidang.”Jumlah pejabat eselon IV dan V yang akan dikurangi sekitar 14-15 orang,” kata Hafidz.

Katanya, pengurangan tersebut merupakan konsekuensi dari penerapan Undang-undang tentang Aparatur Sipil Negara (ASN) yang diperkuat dengan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 18 Tahun 2016 tentang Perangkat Daerah agar tepat fungsi, ukuran, dan efesiensi.

“Tentunya pengurangan itu agar bisa memberikan poin-poin tersendiri dan bisa menciptakan tepat ukuran  atau tidak gemuk, tepat fungsi dan tepat efisiensi,” ucapnya.

Menurutnya, penataan SOTK baru tersebut seiring pembahasan Raperda tentang Pembentukan dan Susunan Perangkat Daerah Kabupaten Rembang yang masih akan tetap berjumlah 23 dinas dan badan, dengan Kantor Kesbangpolinmas dan RSUD yang diatur dengan ketentuan tersendiri.

Sementara itu, terkait waktu kapan pengisian jabatan sejumlah pos yang kosong, Hafidz menyatakan, baru akan membahasnya setelah Raperda tentang Pembentukan dan Susunan Perangkat Daerah disahkan.  Karena sesuai dengan amanat Undang-undang Nomor 23 tentang Pemerintahan Daerah, bupati setelah enam bulan menjabat, bisa melakukan pengisian jabatan.

“Namun saat ini muncul peraturan baru, bahwa sesuai dengan Peraturan Pemerintah dan Instruksi Menteri Dalam Negeri, pengisian jabatan dilakukan setelah ditetapkannya Perda tentang SOTK yang baru,” tegasnya.

Dia menambahkan, sebelum pengisian jabatan kosong  setelah SOTK baru, akan terlebih dahulu dilakukan pengisian job sekretaris daerah, yang kini masih diemban oleh seorang penjabat sementara. “Seleksi pengisian sekda dimulai pada bulan ini atau secepatnya. Pansel sudah ada dan disetujui oleh Komisi Aparatur Sipil Negara(KASN). Sehingga ditargetkan pada bulan Oktober atau awal Nopember sudah ada pelantikan sekda baru pada Oktober atau pertengahan November mendatang,” pungkasnya.

Editor : Kholistiono

Komentar

komentar


    Print       Email


Artikel terkait lainnya

2 Perwira Polres Grobogan Berganti Wajah, Ini Sosoknya

Selengkapnya →