Loading...
You are here:  Home  >  Headlines  >  Artikel ini

Pembeli Hewan Kurban Ini Dipuji Petugas Dinas Pertanian



Reporter:    /  @ 20:15:04  /  11 September 2016

    Print       Email
hewan-kurban-baru

Petugas memeriksa hewan kurban yang ada di sejumlah penampungan. Sejauh ini di Kudus tidak ditemukan hewan kurban yang berpenyakit alias sehat semua. (MuriaNewsCom)

MuriaNewsCom, Kudus – Petugas Dinas Pertanian Perikanan dan Kehutanan Kudus telah memeriksa hewan-hewan yang akan dikurbankan pada Hari Raya Idul Adha, pada Senin (12/9/2016).

Ada satu hal yang patut dicatat dalam pemeriksaan hewan kurban kali tahun 2016 ini. Menurut Kasi Produksi Ternak pada Dinas Pertanian Perikanan dan Kehutanan Kudus Sidi Pramono, pembeli rupanya sudah sadar bagaimana hewan kurban yang memang layak dan memenuhi syarat.

”Pembeli hewan kurban saat ini, rupanya sudah pintar-pintar. Mereka tidak mau melihat sedikitpun kesalahan pada hewan kurban yang mau dibeli. Ada yang cuma kena pilek saja, pasti tidak akan dibeli,” terangnya, di sela-sela pemeriksaan hewan kurban, Minggu (11/9/2016).

Sidi mengatakan, konsumen yang memang sudah sadar akan hewan kurban yang sehat dan memenuhi syarat ini, membuat pedagang juga tidak berbuat macam-macam. Pedagang dengan sendirinya akan menjual hewan kurban yang benar-benar sehat.

”Saat kami periksa kemarin, ada juga pedagang yang menyisihkan hewan dagangannya yang terlihat tidak sehat. Mereka tidak mau berisiko hewannya tidak laku. Makanya, sangat-sangat memperhatikan faktor kesehatan ini,” tuturnya.

Dikatakan Sidi, tahun ini jumlah hewan kurban yang diperiksa petugas dari dinasnya, mengalami kenaikan dari tahun sebelumnya. Meski belum ada datang lengkap terkait berapa jumlahnya, namun dibandingkan tahun lalu, jumlahnya meningkat.

Pemeriksaan yang dilakukan terhadap hewan kurban itu, menurut Sidi memang dilaksanakan dengan seksama. Pasalnya, pihaknya ingin supaya hewan kurban yang ada, benar-benar terjaga kesehatannya dan memenuhi syarat.

”Yakni memenuhi dari unsur kesehatan. Tidak ada penyakit mata, mulut, maupun hidung. Demikian juga umurnya, juga sesuai dengan ketentuan kurban yang ada. Sehingga akan diperoleh daging yang layak dikonsumsi,” terangnya.

Dinas sendiri melakukan pemantauan ke beberapa penampungan hewan kurban yang ada di sejumlah wilayah di Kudus. Dan sejauh ini, tidak ditemukan adanya penyakit atau hal-hal yang membahayakan pada hewan kurban yang ada.

Editor: Merie

Komentar

komentar




Artikel terkait lainnya

bupati pati e

Baliho Bakal Calon Bupati Pati Terpasang di Pohon Pakai Paku di Kudus

Selengkapnya →