Loading...
You are here:  Home  >  Headlines  >  Artikel ini

H-1 Idul Adha, Kondisi Hewan Kurban Dinyatakan Aman



Reporter:    /  @ 16:00:12  /  11 September 2016

    Print       Email
kudus-hewan-kurban-ee

Hewan kurban ini diperiksa petugas di sejumlah penampungan hewan di Kudus sebelum tiba Hari Raya Idul Adha, yang jatuh pada Senin (12/9/2016). (MuriaNewsCom)

MuriaNewsCom, Kudus – Pengecekan terhadap hewan-hewan kurban di Kabupaten Kudus, dilakukan Dinas Pertanian Perikanan dan Kehutanan Kudus, Minggu (11/9/2016). Sejauh ini, kondisi hewan dinyatakan aman.

Kasi Produksi Ternak pada Dinas Pertanian Perikanan dan Kehutanan Kudus Sidi Pramono mengatakan, dari beberapa lokasi penampungan hewan kurban yang didatangi, belum ditemukan adanya hewan yang terjangkit penyakit.

”Sejauh ini semua masih aman. Tidak kami temukan hewan yang terjangkit penyakit. Baik itu kuku, mulut, maupun mata. Sehat semua. Itu dari faktor kesehatan. Kalau dari sisi umur hewan, juga sudah memenuhi syarat kurban,” terangnya saat dihubungi, Minggu (11/9/2016).

Beberapa lokasi yang dipantau, adalah di penampungan hewan kurban Conge, Ngembalrejo, bahkan Gulang Mejobo. Semua ternak juga diperiksa satu persatu untuk memastikan jika semuanya baik-baik saja.

Hewan yang diperiksa, memang bermacam-macam. Yakni kerbau, kambing, dan sapi. Selain menjadi lokasi pembelian hewan kurban, ada banyak juga penjual hewan kurban, yang berasal dari Kudus ini.

”Tadi pas di Gulang, ada kurang lebih 500 kerbau yang siap dikirim ke pembelinya. Semuanya dalam kondisi sehat. Sehingga nanti sore, penjualnya tinggal mengirim ke pembeli di berbagai kota,” katanya.

Sidi mengatakan, saat ini beberapa petugas dari dinas memang disebar untuk memeriksa kondisi kesehatan hewan-hewan tersebut. Yang menjadi sasaran adalah tempat-tempat penampungan hewan yang memang tersebar di berbagai lokasi.

Dikatakan Sidi, pihaknya memang memperketat pemeriksaan terhadap hewan-hewan kurban tersebut. Ini untuk memastikan jika masyarakat yang hendak berkurban, benar-benar mendapatkan hewan yang sesuai dengan persyaratan yang ada.

”Makanya, kita tidak ingin ada masyarakat yang menyembelih kurban yang tidak sesuai dengan kondisi kesehatan yang disyaratkan. Kita benar-benar lakukan pemeriksaan dengan seksama, sehingga yang nantinya dikurbankan adalah hewan yang sehat,” tegasnya.

Editor: Merie

Komentar

komentar




Artikel terkait lainnya

bupati pati e

Baliho Bakal Calon Bupati Pati Terpasang di Pohon Pakai Paku di Kudus

Selengkapnya →