MuriaNewsCom
Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping
Banner Kuping Kanan

Warga Pati Diimbau Waspadai Penjual Hewan Kurban Nakal

15
Seorang petugas Dispertanak Pati tengah memeriksa gigi sapi di Pasar Margorejo yang akan dikirim untuk keperluan kurban. (MuriaNewsCom/Lismanto)
Seorang petugas Dispertanak Pati tengah memeriksa gigi sapi di Pasar Margorejo yang akan dikirim untuk keperluan kurban. (MuriaNewsCom/Lismanto)

MuriaNewsCom, Pati – Warga Pati diimbau untuk waspada ketika membeli hewan ternak seperti kambing, sapi atau kerbau untuk keperluan kurban. Hal itu untuk mengantisipasi adanya kemungkinan penjual “nakal” yang memanfaatkan momentum Idul Adha.

“Momentum Idul Adha seperti ini, banyak masyarakat yang mencari hewan kurban. Hal itu bukan tidak mungkin ada pedagang nakal yang memanfaatkan momentum itu dengan menjual hewan tidak laik untuk dikurbankan, seperti hewan berpenyakit. Meski tidak semuanya, tapi sikap waspada itu perlu,” ungkap Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Peternakan (Dispertanak) Pati, Mochtar Efendi.
Tak sekadar imbauan, pihaknya sendiri bersama tim dan dokter hewan sudah “bergerilya” untuk memeriksa kondisi hewan kurban di Pati. Salah satunya, di Pasar Hewan Margorejo. Di sana, kapasitas penjualan hewan kurban melonjak tajam dalam beberapa hari terakhir.

Dari hasil pemeriksaan di sana, Mochtar mengaku tidak ada yang cacat atau memiliki penyakit dalam. “Kita sudah periksa hewan yang ada di sana, meliputi pemeriksaan kulit, mata, gigi, hingga kelamin. Hasilnya, tidak ada yang cacat,” ucap Mochtar.

Hal sama dikatakan Kepala Bidang Kesehatan Hewan dan Perlindungan Tanaman, Nikentri Meiningrum. Menurutnya, tidak ada zoonosis atau penyakit yang ditularkan hewan kepada manusia di Pasar Margorejo.

Karena itu, dia memastikan bila kondisi hewan yang dijual dari Pasar Hewan Margorejo aman dikonsumsi dan laik untuk kurban. Namun, lagi-lagi warga diminta tidak lengah dan tetap jeli memeriksa dengan seksama, sebelum memutuskan hewan yang akan dibeli untuk kurban.

Editor : Kholistiono

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.