Loading...
You are here:  Home  >  Headlines  >  Artikel ini

Banyak Industri Mebel Jepara Gulung Tikar, Ini Penyebabnya



Reporter:    /  @ 21:16:39  /  10 September 2016

    Print       Email
Ketua DPD Himki Jepara Raya Maskur Zaenuri. (MuriaNewsCom/Wahyu KZ)

Ketua DPD Himki Jepara Raya Maskur Zaenuri. (MuriaNewsCom/Wahyu KZ)

MuriaNewsCom, Jepara – Jumlah pelaku usaha industri mebel rumahan di Kabupaten Jepara, mengalami penurunan hingga 10 persen setiap tahun. Itu terjadi disebabkan oleh sejumlah alasan.

Ketua DPD Himki Jepara Raya Maskur Zaenuri menyebut, di antara alasannya adalah pelaku industri mebel rumahan beralih menjadi eksportir yang hanya bermodalkan gawa (gadget). Diketahui banyak yang hanya berjualan online, mereka tidak perlu repot-repot melakukan produksi barang.

“Mereka cukup mengetahui harga-harganya lalu memiliki foto dan menjual secara online. Tetapi barangnya bukan milik dia sendiri. Itu terjadi karena belum ada regulasi yang ketat,” kata Maskur kepada MuriaNewsCom.

Selain itu, alasan klasik juga turut memiliki pengaruh penurunan jumlah industri rumahan, yakni sulit dan mahalnya harga bahan baku kayu. Apalagi saat ini bahan baku diperoleh dari luar Kabupaten Jepara. “Setiap tahun harga kayu Perhutani terus naik. Ketersedian bahan baku kayu di Jawa berkurang. Solusinya mendatangkan kayu dari luar Jawa, tapi itu akan mengakibatkan biaya produksi membengkak,” kata Maskur.

Permasalahan lain yang dihadapi pelaku industri mebel rumahan di Jepara saat ini, sulitnya mencari tenaga kerja. baik tukang kayu maupun tukang amplas. Itu seiring dengan maraknya iklim investasi industri di Jepara. “Sekarang cari tukang kayu amplas sulit, mereka yang semual kerja di gudang-gudang mebel sekarang memilih kerja di pabrik-pabrik baru,” jelasnya.

Ia menambahkan, jika permasalahan tersebut tak segera ditangani pemerintah, maka akan sulit mencapai target produksi mebel naional. Imbasnya, volume ekspor mebel pun turut menurun.

Editor : Akrom Hazami

Komentar

komentar




Artikel terkait lainnya

bupati pati e

Baliho Bakal Calon Bupati Pati Terpasang di Pohon Pakai Paku di Kudus

Selengkapnya →