Loading...
You are here:  Home  >  Info Muria  >  Artikel ini

Dispertanak Awasi Hewan Kurban di Pati



Reporter:    /  @ 17:00:13  /  10 September 2016

    Print       Email
Puluhan sapi di Pasar Hewan Margorejo yang siap dikirim untuk keperluan kurban pada Hari Raya Idul Adha, Senin (12/09/2016) mendatang. (MuriaNewsCom/Lismanto)

Puluhan sapi di Pasar Hewan Margorejo yang siap dikirim untuk keperluan kurban pada Hari Raya Idul Adha, Senin (12/09/2016) mendatang. (MuriaNewsCom/Lismanto)

MuriaNewsCom, Pati – Kepala Dinas Pertanian, Tanaman Pangan dan Peternakan (Dispertanak) Pati Mochtar Efendi akan mengawasi kondisi hewan kurban di Kabupaten Pati. Hal itu untuk memastikan kelaikan hewan yang akan dikurbankan pada Senin (12/09/2016) mendatang.

“Kami akan memantau, mengawasi, hingga memeriksa kesehatan dan kelaikan hewan di Pati secara berkala. Hal itu perlu dilakukan untuk mengantisipasi kemungkinan adanya hewan yang tidak laik untuk dikurbankan,” kata Mochtar, Sabtu (10/09/2016).

Dalam pengawasan, pihaknya akan menerjunkan tim pemeriksa, termasuk dokter hewan. Salah satu yang menjadi fokus perhatian Dispertanak, antara lain Pasar Hewan Margorejo. Sebab, pasar tersebut menjadi transit hewan yang akan dikirim ke berbagai daerah dan kota-kota besar.

“Sesuai dengan aturan, hewan kurban harus memenuhi syarat umur, tidak sakit dan tidak cacat. Kalau cacat mungkin bisa terlihat secara kasat mata, sehingga setiap orang tahu. Namun, yang mengkhawatirkan adalah penyakit yang tidak tampak sehingga butuh pengawasan dari tim ahli,” tutur Mochtar.

Karena itu, dia berharap agar masyarakat bisa jeli sebelum mengurbankan hewan. Meski terlihat baik dari segi fisik, tetapi bisa jadi terinveksi virus, bakteri atau punya penyakit dalam yang tidak diketahui. Kewaspadaan dinilai perlu, lantaran daging kurban akan dibagikan kepada masyarakat luas.

Editor : Kholistiono

Komentar

komentar


    Print       Email


Artikel terkait lainnya

Dana Ratusan Juta Digelontor untuk Bantuan Air Bersih di 97 Desa di Pati

Selengkapnya →