Loading...
You are here:  Home  >  Info Muria  >  Artikel ini

Trayek Kendal – Karimunjawa Digadang Mampu Kurangi Penumpukan Penumpang di Dermaga Kartini



   /  @ 14:30:18  /  10 September 2016

    Print       Email
karimun-e

Kapal Express Bahari saat bersiap membawa wisatawan di Dermaga Kartini Jepara, beberapa waktu lalu. (MuriaNewsCom/Wahyu KZ)

MuriaNewsCom, Jepara – Keberadaan trayek pelayaran Kendal-Karimunjawa dengan kapal cepat Express Bahari, diharapkan mampu mengurai penumpukan penumpang di Dermaga Kartini Jepara. Terutama pada momentum libur panjang.

Hal itu seperti yang disampaikan Manajer Express Bahari cabang Jepara, Sugeng Riyadi. Dia berharap rute baru penyebrangan ke Karimunjawa dari Kendal tersebut mampu mengurai penumpukan penumpang di Dermaga Kartini, yang kerap terjadi saat libur panjang.

“Calon penumpang yang beralih ke Kendal, kemungkinan besar memang wisatawan kelas menengah ke atas. Itu karena jarak dan waktu tempuh menuju pelabuhan Kendal dari Bandara Ahmad Yani Semarang lebih dekat, jika dibanding dengan ke Jepara. Itu justru bisa mengurai membeludaknya penumpang di Dermaga Kartini,” kata Sugeng kepada MuriaNewsCom.

Lebih lanjut ia mengemukakan, ketika momen tertentu, di Dermaga Kartini kerap terjadi penumpukan calon penumpang, khususnya wisatawan Karimunjawa. Saat terjadi penumpukan penumpang, juga tidak sedikit wisatawan yang tidak kebagian tiket. Padahal jumlah kapal yang terbatas.

Ia menambahkan, untuk tarif normal Express Bahari dari Jepara hanya Rp 150 ribu dan Rp 175 ribu. Sedangkan dari Kendal sekitar Rp 200 ribu dan Rp Rp 230 ribu. Mengenai jadwal pemberangkatan, dari Kendal menyesuaikan dengan jadwal dari Jepara.

Hal senada juga dikatakan Kepala PT ASDP Cabang Jepara Yudhi Yanuar. Pihaknya tidak merasa ada persaingan setelah adanya rute Kendal-Karimunjawa. Justru ia turut berharap agar rute baru tersebut mampu mengatasi masalah penumpukan wisatawan di Dermaga Kartini.

“Dari kami sendiri tetap memberikan pelayanan yang terbaik untuk masyarakat pengguna KMP Siginjai. Fasilitas kapal akan terus ditingkatkan demi kenyamanan penumpang. Justru kami berharap rute dari Kendal itu bisa mengatasi penumpukan penumpang saat wisatawan membludak,” katanya.

Editor : Akrom Hazami

Komentar

komentar


    Print       Email


Artikel terkait lainnya

Jepara Dapat Jatah Rehab RTLH Dari Pemprov Sebanyak 568 Unit

Selengkapnya →