Loading...
You are here:  Home  >  Regional  >  Grobogan  >  Artikel ini

Sopir Truk Ini Heran, Ada Polisi Lakukan Pemeriksaan Sambil Bawa Cat Semprot



Reporter:    /  @ 16:45:47  /  9 September 2016

    Print       Email
Anggota Satlantas Polres Grobogan sedang membikin tulisan berisi imbauan untuk tidak mengangkut penumpang di bodi kendaraan bak terbuka, Jumat (09/09/2016). (MuriaNewsCom/Dani Agus)

Anggota Satlantas Polres Grobogan sedang membikin tulisan berisi imbauan untuk tidak mengangkut penumpang di bodi kendaraan bak terbuka, Jumat (09/09/2016). (MuriaNewsCom/Dani Agus)

MuriaNewsCom, Grobogan – Tindakan tak biasa dilakukan sejumlah anggota Satlantas Polres Grobogan saat menggelar kegiatan di beberapa titik jalan di Kota Purwodadi. Anggota Satlantas ini sempat melakukan aksi penyemprotan bodi kendaraan bak terbuka menggunakan cat semprot.

Tindakan yang dilakukan polisi ini sudah pasti bukan sedang bikin grafiti. Tetapi, mereka ini membuat sebuah tulisan yang berbunyi “Dilarang Mengangkut Penumpang” pada bodi kendaraan bak terbuka tersebut.

“Selain memeriksa surat kelengkapan kendaraan dan SIM pengemudi, ada satu hal lagi yang dikerjakan petugas. Yakni, membuat sebuah pengumuman di bodi kendaraan menggunakan cat semprot,” kata Kasat Lantas Polres Grobogan AKP Nur Cahyo.

Menurutnya, tindakan itu dilakukan sebagai bentuk pencegahan. Yakni, untuk menghindari jatuhnya korban jiwa dari orang yang menumpang kendaraan bak terbuka.“Tindakan ini kita lakukan karena masih ada kendaraan bak terbuka yang digunakan untuk mengangkut penumpang. Selain kita kasih sanksi tegas berupa tindakan tilang, upaya pencegahan juga kita lakukan,” sambung Cahyo.

Perhatian terhadap kendaraan bak terbuka itu memang jadi salah satu perhatian utama dalam menekan angka kecelakaan. Karena kebiasaan di daerah pedesaan di wilayah Grobogan, kendaraan bak terbuka masih jadi sarana untuk mengangkut orang.

Langkah membuat tulisan di bak kendaraan merupakan salah satu upaya menciptakan keamanan dan ketertiban di jalan raya serta melakukan langkah konkret dalam mewujudkan pembinaan fungsi satlantas guna menciptakan keamanan, keselamatan, dan ketertiban serta kelancaran dalam berlalu lintas.

“Selain berbahaya, kebiasaan itu melanggar pasal 303 UU No 22 Tahun 2009, tentang kendaraan yang tidak sesuai peruntukannya. Untuk itu, kami mengimbau pada semua sopir truk atau kendaraan terbuka lainnya agar tidak mengangkut penumpang,” tegasnya.

Para sopir truk semula sempat heran ketika kendaraannya dihentikan petugas. Soalnya, di antara petugas itu ada yang kelihatan membawa cat semprot. Hal ini, tidak pernah terlihat pada razia sebelumnya.“Saya tadi sempat heran kok ada polisi yang bawa cat pilox. Ternyata mau bikin tulisan,” kata Ansori, salah seorang sopir truk.

 Editor : Kholistiono

Komentar

komentar




Artikel terkait lainnya

bupati pati e

Baliho Bakal Calon Bupati Pati Terpasang di Pohon Pakai Paku di Kudus

Selengkapnya →