Loading...
You are here:  Home  >  Info Muria  >  Artikel ini

Pegunungan Kendeng masih Gundul Meski Tiap Tahun Dihijaukan



Reporter:    /  @ 11:05:25  /  8 September 2016

    Print       Email
Petugas Perhutani memantau kawasan pegunungan Kendeng di Wonosoco, Undaan, Kudus, Kamis. (MuriaNewsCom/Faisol Hadi)

Petugas Perhutani memantau kawasan pegunungan Kendeng di Wonosoco, Undaan, Kudus, Kamis. (MuriaNewsCom/Faisol Hadi)

MuriaNewsCom, Kudus – Perhutani DKPH Purwodadi Penganten menyatakan, pegunungan Kendeng gundul sampai sekarang. Padahal, pihaknya gencar melakukan penghijauan.

Rido Haryanto, Aster Perhutani DKPH Purwodadi Penganten, mengatakan pihaknya menanam ribuan pohon di area pegunungan, setiap tahunnnya. Selang beberapa lama, Perhutani mengecek pertumbuhan pohon. Hasilnya, Perhutani malah menemukan sebagian besar pohon itu mati.

“Paling beberapa saja yang masih hidup. Sedangkan yang mati itu lebih banyak, karena ada yang menyemprotkan obat agar tanaman mati,” katanya kepada MuriaNewsCom, Kamis (8/9/2016).

Perhutani menyatakan kondisi tersebut sudah berlangsung beberapa kali. Bahkan, mereka selalu menemukan pepohonan yang mati karena obat, setiap kali memantau. Perhutani juga menemukan banyak aksi pencurian kayu. Tidak heran jika pegunungan tersebut kini memprihatinkan.

“Kami kesulitan dalam mengawasinya karena petugas yang hanya berjumlah belasan. Kami berharap ada pihak masyarakat yang juga ikut dalam menjaganya,” ungkapnya.

Di kawasan itu, nantinya akan dibangun pula lapangan tembak dan Perang Semesta. Rido yakin keberadaan lapangan tembak akan menurunkan tingkat pencurian kayu dan pemusnahan pepohonan. Dia berharap pegunungan Kendeng akan ditumbuhi pohon keras lagi. Setidaknya wilayah Desa Wonosoco bisa terhindar dari adanya banjir tahunan.

Editor : Akrom Hazami

Komentar

komentar


    Print       Email


Artikel terkait lainnya

2 Perwira Polres Grobogan Berganti Wajah, Ini Sosoknya

Selengkapnya →