Loading...
You are here:  Home  >  Info Muria  >  Artikel ini

Kerbau Banyak Diburu untuk Kurban di Kudus



Reporter:    /  @ 21:37:11  /  7 September 2016

    Print       Email
kurban 2

Pedagang hewan membawa kerbaunya di Pasar Hewan, Jati, Kudus, Rabu, (7/9/2016). (MuriaNewsCom/Faisol Hadi)

MuriaNewsCom, Kudus – Masyarakat Kudus yang ingin berkurban, rupanya banyak yang mencari kerbau. Di momen jelang Idul Adha ini, mereka lebih memilih hewan tersebut daripada kambing dan sapi.

Masrum, pedagang hewan asal Pati mengatakan banyak warga yang mencari kerbau. “Kalau saya berdagang sapi dan kerbau. Tapi sejauh ini paling banyak dicari adalah kerbau untuk kebutuhan kurban,” katanya kepada MuriaNewsCom.

Dia mengatakan pembeli sapi rata-rata berasal dari luar kota. Pembeli sapi sekitar 6-8 ekor per hari. Sedangkan, pembeli kerbau bisa mencapai 10 ekor per hari.

Dia menjelaskan  kalau sapi di Pasar Hewan Kudus banyak dipasok dari Jawa Timur dan sekitar Kudus seperti Pati dan Jepara. Sapi tersebut sengaja didatangkan untuk kebutuhan kurban.

Sementara itu, pedagang sapi, Harso, warga Desa Ploso, Jati, Kudus, mengatakan, dia menjual sapi dengan beragam jenis.

Termasuk sapi jenis limosin. Dia juga berhasil menjual sapi jenis itu seharga Rp 77 juta. Berat badan sapi itu sekitar 1,2 ton. Sapi besarnya dibeli oleh warrga dari Jakarta, Selasa (6/9/2016).

“Baru saja kemarin dibawa Jakarta. Katanya untuk keperluan kurban Senin depan ini,” katanya saat menjual sapinya di Pasar Hewan, Jati.

Dia menuturkan, harga rata-rata sapi yang dijual Rp 20, 5 juta per ekor. Dengan beratnya 4 kuintal.  Dia mengaku, pada hari biasanya mampu menjual sapi hingga lima ekor. Namun saat mendekati hari raya semacam ini bisa mencapai delapan hingga 10 ekor.

Editor : Akrom Hazami

 

Komentar

komentar


    Print       Email


Artikel terkait lainnya

Jepara Dapat Jatah Rehab RTLH Dari Pemprov Sebanyak 568 Unit

Selengkapnya →