Loading...
You are here:  Home  >  Info Muria  >  Artikel ini

Kekurangan Air Bersih, Pemkab Rembang Bakal Kerja Sama dengan Pemkab Pati



Reporter:    /  @ 09:30:17  /  7 September 2016

    Print       Email
 Bupati Rembang Abdul Hafidz (kiri). Sebagian wilayah Rembang kini mulai kekurangan air bersih, dan rencananya Pemkab Rembang bakal bekerjasama dengan Pemkab Pati. (MuriaNewsCom)

Bupati Rembang Abdul Hafidz (kiri). Sebagian wilayah Rembang kini mulai kekurangan air bersih, dan rencananya Pemkab Rembang bakal bekerjasama dengan Pemkab Pati. (MuriaNewsCom)

MuriaNewsCom, Rembang – Sebagian wilayah Rembang mulai mengalami kekurangan air bersih, khususnya di Jalur Pantura Rembang yang kondisi geografisnya berada di pesisir. Di antaranya wilayah yang mengalami kekurangan air adalah Kecamatan Kaliori.

Menyikapi hal ini, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rembang berencana bakal melakukan pengadaan pipa untuk penyaluran air bersih, yang nantinya airnya bakal diambilkan dari kabupaten tetangga, yakni Kabupaten Pati.

“Kita akan melakukan koordinasi dengan pihak terkait, khususnya dengan Pemkab Pati, terkait pengadaan air bersih untuk beberapa wilayah di Rembang yang memang mengalami kekurangan air bersih,” ujar Bupati Rembang Abdul Hafidz.

Menurut bupati, pihaknya beberapa waktu lalu juga sudah melakukan koordinasi dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat terkait persoalan air bersih di sebagian wilayah Rembang.

“Beberapa waktu lalu, kita sudah memaparkan atau mempresentasikan kondisi air di Rembang kepada kementrian terkait di Jakarta. Dan itupun direspon dengan baik, dan disarankan untuk membuat program pipanisasi untuk keperluan air bersih,” ucapnya.

Menurutnya, pihaknya memilih Pemkab Pati untuk diajak kerja sama,  lantaran wilayah tersebut dinilai mempunyai air bersih yang cukup. Selain itu, wilayah Pati juga lebih dekat dengan wilayah Kecamatan Kaliori dan Kota Rembang.

Selain itu, dirinya juga mengakui bahwa air yang disalurkan oleh PDAM kurang begitu maksimal. Sehingga pemerintah harus mengambil jalan cepat. “Ya kita akui air di Rembang yang disalurkan PDAM kurang maksimal dan harus ditempuh dengan program pipanisasi yang nantinya akan diambilkan dari wilayah Pati,” paparnya.

Dia melanjutkan, selain akan mengadakan pipanisasi ke wilayah Pati, pihaknya juga akan mengadakan pipanisasi ke wilayah Kecamatan Sale. Khususnya di area Sungai Sakinah. “Kita juga masih mempunyai area sungai yang masih baik. Yakni di Kecamatan Sale. Di situ masih ada sungai yang kadar airnya masih bagus untuk dikonsumsi, yakni Sungai Sakinah,” ujarnya.

Editor : Kholistiono

Komentar

komentar


    Print       Email


Artikel terkait lainnya

Asyiknya Nge-Jazz Sambil Berkubang Lumpur

Selengkapnya →