Loading...
You are here:  Home  >  Headlines  >  Artikel ini

Uniknya Ayam Peliharaan Warga Dawe Kudus Ini



Reporter:    /  @ 08:30:21  /  6 September 2016

    Print       Email
ayam e

Tiga ekor ayam jenis langka tampak berada di halaman rumah pemiliknya, Ali Muhammad Rois di Sambirejo, Dawe, Kudus. (MuriaNewsCom/Faisol Hadi)

MuriaNewsCom, Kudus – Ali Muhammad Rois (33) warga Desa Samirejo, Dawe, Kudus, memiliki hobi yang unik. Kegemarannya memelihara ayam, membuatnya mengoleksi hewan jenis unggas itu dengan jenis yang langka.

Ali memenuhi hasrat memiliki banyak jenis ayam langka. Demi keinginannya itu, Ali rela mendatangkan ayam tidak hanya dari lokal.  Tapai dia juga sampai mendatangkan ayam jenis langka langsung dari luar negeri.

“Saat ini sudah ada 17 jenis ayam yang saya miliki. 10 di antaranya adalah ayam impor. Rata-rata dari negara Eropa,” katanya kepada MuriaNewsCom.

Berbagai jenis ayam yang dimilikinya adalah Brahma, Sumatera serta jenis lainnya. Ali merawat ayamnya dengan perlakuan khusus.

Harganya pun fantastis. Dia memiliki ayam yang sepasang harganya Rp 20 juta. Sedangkan anak ayamnya sekitar Rp 1,5 juta per ekor. Meski harganya mahal, tapi banyak kolektor yang tetap memburunya.

Soal perawatan, kata dia cukup mudah. Terlebih sekarang banyak pakan yang dapat dibeli di toko pakan ayam. Termasuk juga dengan vaksin penyakit.

Dia menjelaskan kegemaran dengan dunia unggas sudah digelutinya sejak lama. Sekitar 2008 lalu, dia mulai melirik dunia yang kini menjadi hobinya. Bermodal pengetahuan internet dan wawasan  soal ayam secukupnya, dia melakoni usaha langkanya itu.

Sekitar 2014 lalu, dia mulai berani untuk impor ayam. Hasilnya ayam tersebut berkembang hingga sekarang. “Sekarang sudah enak, banyak komunitasnya di berbagai daerah. Jadi bisa berbagi pengetahuan dengan sesama penggemar unggas kalau ada permasalahan,” imbuhnya.

Editor : Akrom Hazami

Komentar

komentar




Artikel terkait lainnya

bupati pati e

Baliho Bakal Calon Bupati Pati Terpasang di Pohon Pakai Paku di Kudus

Selengkapnya →