Loading...
You are here:  Home  >  Info Muria  >  Artikel ini

Gagal Panen, Petani Garam Jepara Mengeluh



   /  @ 12:00:06  /  5 September 2016

    Print       Email
Petani garam mengolah lahan tambaknya di Desa Tanggultlare, Kecamatan Kedung, Jepara, Senin (5/9/2016). (MuriaNewsCom/Wahyu KZ)

Petani garam mengolah lahan tambaknya di Desa Tanggultlare, Kecamatan Kedung, Jepara, Senin (5/9/2016). (MuriaNewsCom/Wahyu KZ)

MuriaNewsCom, Jepara – Musim kemarau kali ini menjadi masa yang tidak menguntungkan bagi petani garam di Kabupaten Jepara. Karena, meski musim kemarau namun terkadang masih turun hujan. Itu membuat garam yang telah dipanaskan kembali mencair dan akhirnya tidak bisa dipanen.

Hal itu seperti yang dikeluhkan salah satu petani garam di Desa Tanggultlare, Kecamatan Kedung, Jepara, Kamsani. Menurutnya, kondisi cuaca yang tergolong kemarau basah ini membuat para petani garam merugi.

“Sekitar dua minggu terakhir ini beberapa kali turun hujan. Garam saya yang sudah mau mengering menjadi gagal,” ujar Kamsani kepada MuriaNewsCom, Senin (5/9/2016).

Sedikitnya tiga kotak lahan yang ia kelola gagal dipanen usai tersiram air hujan. Sehingga terpaksa harus mengulang proses pembuatan garam dari awal lagi.

“Sudah kena air tawar, jadi sudah tidak bisa jadi garam lagi. Ya terpaksa mengulangi dari awal,” ungkap Kamsani.

Lebih lanjut ia mengemukakan, setiap satu kotak lahan yang berukuran 40×4 meter seharusnya bisa didapatkan 20 kombong. Setiap Kombong bisa dihargai antara Rp 35-40 ribu.

Hal senada juga disampaikan Sukriman, petani garam lainnya. Menurut Sukriman, proses pembuatan garam yang dilakukan sebelumnya sudah gagal. Meski begitu, untuk saat ini belum berani memulai proses pembuatan garam lagi.

“Nunggu kalau cuacanya memang memungkinkan. Ini si baru memasang terpal dulu, nanti baru saya isi,” katanya.

Dari pantauan MuriaNewsCom di kawasan tambak garam Kecamatan Kedung, sejumlah lahan milik petani garam hanya ada sedikit yang berhasil panen.

Editor : Akrom Hazami

Komentar

komentar


    Print       Email


Artikel terkait lainnya

KPU Grobogan Perpanjang Jadwal Pendaftaran PPK di 3 Kecamatan, Ini Alasannya

Selengkapnya →