Loading...
You are here:  Home  >  Headlines  >  Artikel ini

Ini Ciri-ciri Hewan yang Baik untuk Dijadikan Kurban



Reporter:    /  @ 12:29:51  /  4 September 2016

    Print       Email
 Puluhan sapi berada di kandang salah satu peternak yang ada di Kabupaten Rembang. Jelang Idul Adha, masyarakat diimbau untuk bisa mengenali ciri-ciri hewan yang sehat dan baik, jika mau dijadikan kurban. (MuriaNewsCom/Edy Sutriyono)


Puluhan sapi berada di kandang salah satu peternak yang ada di Kabupaten Rembang. Jelang Idul Adha, masyarakat diimbau untuk bisa mengenali ciri-ciri hewan yang sehat dan baik, jika mau dijadikan kurban. (MuriaNewsCom/Edy Sutriyono)

MuriaNewsCom, Rembang – Dinas Pertanian dan Kehutanan (Dintanhut) Rembang menyebarkan petugas teknis untuk memantau hewan kurban. Itu dilakukan untuk memastikan ada tidaknya penyakit menular pada hewan tersebut menjelang Hari Raya Idul Adha.

“Petugas teknis sudah disebar untuk melakukan monitoring dan pengawasan terhadap hewan kurban yang akan dijual kepada masyarakat. Sampai hari ini, hewan kurban di wilayah kami, baik kambing maupun sapi, bebas dari penyakit menular, sehingga masyarakat tidak perlu khawatir,” ujar Agus Iwan Haswanto, Kabid Peternakan pada Dintanhut Kabupaten Rembang, Sabtu (03/09/2016).

Agus melanjutkan, masyarakat atau pembeli harus mengetahui ciri-ciri hewan ternak baik untuk dijadikan sebagai kurban. Karena, salah satu faktor yang penting dalam ibadah kurban  adalah memberikan kurban yang terbaik.

” Adapun ciri hewan kurban yang baik untuk dikurbankan ialah, secara fisik, seperti sapi, kambing dan domba bisa melihat aktivitasnya. Bila pergerakannya aktif saat didekati itu berarti hewannya sehat. Gerak atau temperamennya bebas, lincah, kuat, bersemangat, tidak pincang, tidak gelisah, dan selera makannya bagus,” katanya.

Kemudian, jika bentuk tubuhnya juga harus standar. Pengertian standar untuk sapi dan kerbau, tulang punggungnya relatif rata, tanduknya seimbang, keempat kakinya simetris, dan postur tubuhnya ideal. Postur tubuh ideal yang dimaksud, misalnya kombinasi perut, kaki depan dan belakang, kepala, dan leher seimbang.

Jika dilihat dari medis kehewanan, ada beberapa ciri lain. Diantaranya yakni  suhu tubuh. Idealnya suhu tubuh hewan kurban tidak boleh lebih dari 37 derajat celcius. Jika ditemukan hewan dengan suhu tubuh di atas itu, hal itu dikategorikan tidak sehat.

Editor : Kholistiono

Komentar

komentar




Artikel terkait lainnya

bupati pati e

Baliho Bakal Calon Bupati Pati Terpasang di Pohon Pakai Paku di Kudus

Selengkapnya →