Publisher is the useful and powerful WordPress Newspaper , Magazine and Blog theme with great attention to details, incredible features...

Ini Pentingnya Manasik Haji Diajarkan ke Anak

9
 Beberapa anak sedang mengikuti pelatihan manasik haji yang diselenggarakan Yayasan Ponpes Al Furqon Kasingan, Rembang, Sabtu (03/09/2016). (MuriaNewsCom/Edy Sutriyono)

Beberapa anak sedang mengikuti pelatihan manasik haji yang diselenggarakan Yayasan Ponpes Al Furqon Kasingan, Rembang, Sabtu (03/09/2016). (MuriaNewsCom/Edy Sutriyono)

MuriaNewsCom, Rembang – Ibadah haji merupakan rukun Islam kelima bagi umat Muslim. Untuk menanamkan pemahaman dan keinginan beribadah haji kelak, ratusan anak PAUD dan sekolah dasar di Yayasan Ponpes Al Furqon Kasingan, Rembang mendapatkan pelatihan manasik haji, di Alun-alun Rembang, Sabtu (03/09/2016).

Kepala SD Al Furqon Rita Masniyah, menyampaikan pentingnya pendidikan agama kepada anak sejak dini untuk membentuk kepribadian yang Islami dan berwawasan luas.

“Pendidikan manasik haji anak sebagai sarana edukatif dalam mengenalkan rukun Islam kelima. Hal ini salah satu cara untuk menanamkan sejak dini nilai-nilai ketaatan kepada Allah SWT, menanamkan rasa ingin melaksanakan ibadah haji ke dalam hati anak-anak sejak kecil,” ujarnya.

Dalam pelatihan manasik haji ini, anak-anak juga terlihat mengenakan pakaian ihram. Kemudian, mereka juga menjalankan urut-urutan rukun haji dengan khidmat. Selanjutnya, anak-anak juga dibagi dalam beberapa kelompok terbang (kloter). ”Pembagian kloter itu dimaksudkan untuk mengenalkan kepada anak-anak bahwa ibadah haji dikuti berbagai negara di dunia,” imbuhnya.

Anak-anak lalu menjalankan tahap demi tahap beribadah haji. Mulai sai (lari kecil), tawaf (mengelilingi Ka’bah), melempar jumrah (melempar batu), membayar Dam (memotong hewan kurban) hingga memotong rambut bagi laki-laki dilkukan bocah bocah tersebut. “Kami merancang manasik haji ini seperti ibdah sesungguhnya,” pungkasnya.

Editor : Kholistiono

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.