Loading...
You are here:  Home  >  Headlines  >  Artikel ini

Ratusan Anak di Rembang Ikuti Manasik Haji



Reporter:    /  @ 09:55:11  /  3 September 2016

    Print       Email
Ratusan anak dari Yayasan Ponpes Al Furqon Kasingan, Rembang mengikuti latihan manasik haji di Alun-alun Rembang, Sabtu (03/09/2016). (MuriaNewsCom/Edy Sutriyono)

Ratusan anak dari Yayasan Ponpes Al Furqon Kasingan, Rembang mengikuti latihan manasik haji di Alun-alun Rembang, Sabtu (03/09/2016). (MuriaNewsCom/Edy Sutriyono)

MuriaNewsCom, Rembang – Sedikitnya 500 anak, mulai dari tingkat PAUD hingga sekolah dasar mengikuti pelatihan manasik haji di Alun-alun Rembang, Sabtu (03/08/2016). Kegiatan ini diadakan oleh Yayasan Ponpes Al Furqon, Kasingan, Rembang.

Kepala SD Al Furqon Rita Masniyah mengatakan, jika kegiatan seperti ini secara rutin dilaksanakan setiap tahun bagi anak PAUD maupun SD di Yayasan Ponpes Al Furqon. Hal itu dilaksanakan,  sebagai kegiatan yang telah terprogram dan juga sebagai upaya untuk menanamkan semangat dan rasa cinta sejak dini terhadap ibadah haji yang merupakan rukun Islam yang ke lima.

“Seperti yang kita lihat saat ini betapa antusias dan semangatnya anak – anak ketika melempar jumrah. Dan juga dukungan dari orang tua murid juga sangat besar. Ini menunjukan bahwa penyempurnaan amal haji dan umrah merupakan tuntutan dari Allah SWT,” ujarnya.

Ia katakan, untuk pelaksanaan latihan manasik haji tersebut, dilakukan secara bergantian. Yakni, untuk tingkat PAUD dimulai lebih awal atau pagi yakni mulai pukul 07.00 WIB, dan setelah selesai langsung disambung anak-anak tingkat sekolah dasar.

Menurutnya, latihan manasik haji tersebut, memang sengaja dilakukan pada saat bulan Dzulhijjah, yakni bertepatan dengan pelaksanaan ibadah haji. Hal tersebut, juga sebagai salah satu cara untuk mengenalkan mengenai pelaksanaan haji dilakukan pada bulan apa.

“Program ini diselenggarakan rutin setiap tahun sekali di saat bulan Dzulhijjah atau bulan haji tiba. Adapun materinya persis pelaksanaan ibadah haji. Mulai niat, melakukan rukun haji, melempar jumrah, thawaf, sa’i, tahallul dan lain sebagainya,” terangnya.

Dengan adanya kegiatan latihan haji ini, pihaknya berharap bahwa penanaman karakter keagamaan dapat tercipta sejak usia dini.Sehingga nantinya, bisa menjadi bekal ketika nantinya mereka sudah dewasa dan mampu melaksanakan ibadah haji.

Editor : Kholistiono

Komentar

komentar




Artikel terkait lainnya

bupati pati e

Baliho Bakal Calon Bupati Pati Terpasang di Pohon Pakai Paku di Kudus

Selengkapnya →