Loading...
You are here:  Home  >  Headlines  >  Artikel ini

Panitia Penjaringan Perangkat Desa Bulumanis Lor Pati Dipolisikan



Reporter:    /  @ 17:08:26  /  2 September 2016

    Print       Email
 Suasana pelantikan perangkat desa di Balai Desa Bulumanis Lor, Margoyoso, Pati beberapa waktu lalu. (MuriaNewsCom/Lismanto)


Suasana pelantikan perangkat desa di Balai Desa Bulumanis Lor, Margoyoso, Pati beberapa waktu lalu. (MuriaNewsCom/Lismanto)

MuriaNewsCom, Pati – Panitia penjaringan perangkat Desa Bulumanis Lor, Kecamatan Margoyoso, Pati akhirnya dilaporkan polisi, Kamis (01/09/2016). Mereka dilaporkan warga dengan dugaan penyalahgunaan wewenang saat melakukan penjaringan perangkat desa beberapa waktu lalu.

Sunyoto, warga Bulumanis Lor RT 3 RW 3 yang menjadi pelapor dalam kasus tersebut mengatakan, panitia penjaringan perangkat desa sudah menyalahgunakan wewenang dengan menghimpun dana dari para calon perangkat desa senilai Rp 125 juta. Padahal, dana dari desa dinilai sudah cukup untuk melakukan kegiatan penjaringan.

Dia menilai, tidak ada dasar hukum yang bisa dijadikan pijakan bagi panitia penjaringan untuk menghimpun dana dari para calon perangkat desa, kendati sudah disepakati dari awal. Apalagi, kesepakatan tersebut dianggap menghalang-halangi setiap warga Bulumanis Lor yang punya hak politik untuk mencalonkan diri sebagai perangkat desa.

“Kami ingin tuntutan dari warga bisa diproses dengan tegas. Sikap menghimpun dana dari calon perangkat desa tidak dibenarkan secara hukum. Kami anggap langkah yang dilakukan panitia penjaringan sebagai tindak kejahatan yang harus diusut hingga tuntas,” kata Sunyoto, Jumat (02/09/2016).

Menurutnya, pelaporan itu menjadi langkah awal untuk memberikan peringatan kepada panitia penjaringan supaya bisa menggunakan anggaran secara transparan, serta tidak menghimpun dana dari para calon perangkat desa karena tidak ada dasar hukumnya. “Kami serius menempuh jalur hukum supaya kebiasaan yang salah itu tidak terjadi lagi di negeri ini,” pungkasnya.

Editor : Kholistiono

Komentar

komentar




Artikel terkait lainnya

bupati pati e

Baliho Bakal Calon Bupati Pati Terpasang di Pohon Pakai Paku di Kudus

Selengkapnya →