Loading...
You are here:  Home  >  Regional  >  Grobogan  >  Artikel ini

Nafa, Si Cantik Pelajar SMKN 1 Purwodadi yang Jago Tinju



Reporter:    /  @ 16:50:27  /  2 September 2016

    Print       Email
Nafa Shita Devani (kiri).Kepala SMKN 1 Purwodadi Sukamto memberikan ucapan selamat dan memberikan penghargaan kepada Nafa Shita Devani saat upacara bendera di halaman sekolah beberapa waktu lalu (MuriaNewsCom/Dani Agus)

Nafa Shita Devani (kiri).Kepala SMKN 1 Purwodadi Sukamto memberikan ucapan selamat dan memberikan penghargaan kepada Nafa Shita Devani saat upacara bendera di halaman sekolah beberapa waktu lalu (MuriaNewsCom/Dani Agus)

MuriaNewsCom, Grobogan – Siapa sangka, di balik parasnya yang manis dan sikapnya yang kalem, siswi SMKN 1 Purwodadi bernama Nafa Shita Devani ini ternyata seorang atlet tinju handal. Sebagai bukti, pertengahan bulan Agustus lalu, Nafa baru saja meraih titel peringkat III dalam Kejuaraan Tinju Amatir Jawa Tengah memperebutkan piala Bupati Banjarnegara.

Dalam kejuaraan tersebut, Nafa turun di kelas 45 kg youth girls. Setelah tampil taktis di babak awal, siswi kelas XI-Akt3 tersebut bisa menapak hingga semifinal. Pada babak semifinal, perjuangan Nafa akhirnya terhenti. Dia dinyatakan kalah angka melawan petinju Tegal, dalam pertandingan yang dilangsungkan dalam empat ronde.

“Lawan yang mengalahkan saya itu akhirnya jadi juara I dalam kejuaraan di Banjarnegara. Sementara petinju yang kalah pada babak semifinal dinobatkan jadi peringkat III bersama,” kata Nafa.

Nafa mengaku masih beruntung bisa dapat peringkat III. Sebab, persiapan yang dilakukan sebelumnya cukup mepet, sehingga kondisi fisiknya belum bisa maksimal. Selain itu, lawan yang dihadapi di kelasnya dinilai cukup berat.

Gadis yang tinggal di Kampung Plindungan, Kelurahan Kuripan, Kecamatan Purwodadi itu mengaku sudah mengenal tinju sejak kelas VI SD. Ceritanya, saat itu dia sempat diajak saudaranya melihat orang yang lagi latihan tinju.

Berawal dari situlah, ketertarikannya dengan olahraga keras ini terjadi. Berikutnya, Nafa memutuskan untuk ikut latihan tinju sampai sekarang dibawah asuhan duet pelatih Sugito dan Siswoyo.

Selama gabung jadi petinju, Nafa sudah seringkali ikut kejuaraan. Meski belum sempat jadi yang terbaik, namun beberapa prestasi sudah berhasil selama ikut turnamen.

Selepas mendapat peringkat III di Banjarnegara, Nafa juga sudah mulai melakukan persiapan serius. Soalnya, pada Oktober nanti, dia dijadwalkan untuk ikut kejuaraan tinju amatir di Semarang.

“Habis dari Banjarnegara, saya tidak bisa santai karena mulai persiapan untuk kejuaraan bulan Oktober nanti di Semarang. Mohon doa dan dukungannya supaya bisa jadi juara I,” pintanya.

Sementara itu, Kepala SMKN 1 Purwodadi Sukamto menyatakan, olahraga tinju sudah cukup populer di kalangan siswanya. Sebab, sebelumnya sudah ada beberapa alumni putri yang jadi atlet tinju yang pernah meraih prestasi sampai tingkat nasional.

“Jadi, sebelum tugas di sini, sudah ada beberapa nama yang punya prestasi di bidang olahraga tinju. Namun, yang bikin saya heran, yang prestasinya bagus ditinju ini kok kebetulan pelajar putri,” ujarnya.

Sukamto mengaku cukup bangga dengan prestasi yang didapat Nafa tersebut. Pihak sekolah belajar juga mengapresiasi prestasi yang diraihnya. “Setiap siswa yang dapat prestasi pasti kita kasih reward. Namun, besar kecilnya reward ini kita sesuaikan dengan level juara yang didapatkan. Hal ini kita terapkan sesuai dengan slogan kami bahwa SMKN 1 Purwodadi adalah ‘Sekolahnya para Juara’,” imbuhnya.

Editor : Kholistiono

Komentar

komentar


    Print       Email


Artikel terkait lainnya

Bupati Grobogan Minta Dukungan Pusat dan Pemprov untuk Tuntaskan Perbaikan Gedung SD Rusak

Selengkapnya →