Loading...
You are here:  Home  >  Info Muria  >  Artikel ini

Hilal Tak Terlihat di Jepara, 1 Zulhijjah 1437 Ikuti Pusat



   /  @ 11:15:27  /  2 September 2016

    Print       Email
Bupati Jepara Ahmad Marzuqi meneropong hilal di pantai Kartini Jepara, Kamis. (MuriaNewsCom/Wahyu KZ)

Bupati Jepara Ahmad Marzuqi meneropong hilal di pantai Kartini Jepara, Kamis. (MuriaNewsCom/Wahyu KZ)

MuriaNewsCom, Jepara – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jepara bekerjasama dengan Kementerian Agama (Kemenag) setempat menggelar acra rukyatul hilal di Pantai Kartini, Kamis (1/9/2016). Agenda itu untuk melihat hilal sebagai tanda masuknya awal Zulhijah, namun hilal tidak terlihat dalam peneropongan yang dilakukan.

Rukyatul hilal ini diikuti puluhan peserta terdiri dari pejabat terkait,  akademisi hingga Bupati Jepara Ahmad Marzuqi. Nampak hadir pula sejumlah tokoh masyarakat di Kabupaten Jepara.

Peneropongan dimulai sekitar pukul 17.21 WIB hingga 17.40 WIB. Namun tidak satupun peneropongan melihat hilal. Itu diakibatkan tertutup awan saat matahari mulai terbenam.

Usai peneropongan dilakukan, dilanjutkan sidang isbat yang dipimpin oleh hakim dari Pengadilan Agama Kabupaten Jepara, Ma’sun selaku ketua majlis. Dari sidang tersebut diputuskan bahwa penentuan 1 Zulhijah 1437 H mengikuti pemerintah pusat.

Seiring dengan tidak terlihatnya hilal, pada rukyatul hilal tersebut juga tidak mampu melihat gerhana matahari cincin. Sebagaimana diketahui bahwa gerhana matahari cincin terjadi pada Kamis (1/9/2016) pukul 17.31 WIB hingga 17.38 WIB.

Tim rukyatul hilal sendiri, dalam kegiatan ini membawa dua alat teropong. Ahmad Marzuqi selaku Bupati Jepara juga berkesempatan melakukan peneropongan.

Editor : Akrom Hazami

Komentar

komentar


    Print       Email


Artikel terkait lainnya

Asyiknya Nge-Jazz Sambil Berkubang Lumpur

Selengkapnya →