Loading...
You are here:  Home  >  Headlines  >  Artikel ini

Zebra Cross di Jepara Jadi Satu-satunya dan Pertama di Indonesia



Reporter:    /  @ 11:12:59  /  2 September 2016

    Print       Email
zebra 2

Siswa menyeberang jalan melewati zebra cross 3D Block di Jalan RA Kartini Jepara, Kamis. (MuriaNewsCom/Wahyu KZ)

MuriaNewsCom – Inovasi kreatif zebra cross tiga dimensi (3D) bernama Zebra Cross 3D Block yang diluncurkan jajaran Polres Jepara, pada Kamis (1/9/2016) di jalan RA Kartini Jepara, digadang-gadang menjadi satu-satunya dan pertama di Indonesia.

Kapolres Jepara AKBP M Samsu Arifin mengatakan Z3DBlock didesain khusus melalui teknik penggambaran atau pengecatan dengan perspektif 3 dimensi yang sangat memerlukan ketelitian. Jika dilihat Z3DBlock memunculkan  tampilan layaknya balok sungguhan di tengah badan jalan.

“Dengan zebra cross yang tampak seperti balok sungguhan ini, maka mendorong pengendara kendaraan bermotor agar lebih hati-hati dan sekaligus mengurangi kecepatannya,” ujar Samsu.

Sebagai percontohan dan tahap uji coba, Z3DBlock sementara diaplikasikan di Jalan RA Kartini Jepara. Rencananya, Z3DBlock juga akan dipasang di sejumlah jalan protokol yang ada di Kota Ukir.

“Khususnya area dekat sekolah, tempat ibadah, pusat keramaian dan yang sejenis. Semoga tingkat keselamatan pejalan kaki lebih tinggi seiring inovasi ini,” harap Samsu.

Saat uji coba pertama, belasan pelajar SD diajak melintas di atas Z3DBlock. Dari jarak sekitar lima meter, Z3DBlock yang didominasi warna putih dan kuning itu memang terlihat seperti sejumlah balok yang melintang teratur di tengah badan jalan.

Kasatlantas Polres Jepara AKP Andhika Wiratama mengatakan pemilihan warna Z3DBlock sudah melalui kajian. Kombinasi dua warna itu yang paling pas untuk menampilkan gambar balok dalam kondisi dan cuaca apapun.

Editor : Akrom Hazami

Komentar

komentar




Artikel terkait lainnya

bupati pati e

Baliho Bakal Calon Bupati Pati Terpasang di Pohon Pakai Paku di Kudus

Selengkapnya →