Loading...
You are here:  Home  >  Info Muria  >  Artikel ini

Ini Perbedaan Pemerkosaan dengan Pencabulan



Reporter:    /  @ 11:08:24  /  2 September 2016

    Print       Email

ilustrasi cabul

 

MuriaNewsCom, Kudus – Dalam perlindungan perempuan dan anak di Polres Kudus, terdapat dua kategori yakni pemerkosaan dan pencabulan. Dalam dua hal tersebut banyak yang tidak tahu perbedaannya

Hal itu disampaikan Kapolsek Kota AKP Rahmawaty Tumulo. Menurutnya dua hal tersebut memiliki permasalahan yang berbeda dalam hal keterangannya.

“Kalau pemerkosaan itu alat kelamin laki-laki sudah masuk di perempuan. Sedangkan kalau pencabulan itu belum sampai ke sana,” kata Rahmawaty.

Dia menerangkan masih banyak yang bingung terkait hal itu. Selain satu hal yang sering terjadi yaitu kekerasan dalam rumah tangga. Entah antara orang tua ke anak atau sesama saudara

“Biasanya kalau orang tua merasa memiliki anaknya suka main kekerasan. Padahal cara lain ada banyak meski hal itu karena sudah tidak bisa,” ujarnya.

Namun apapun permasalahannya yang bersangkutan dengan PPA, Polres Kudus siap untuk melayaninya. Sehingga masyarakat diimbau agar tidak panik.

Sebelumnya, Kapolres Kudus AKBP Andy Rifai mengatakan, pihaknya menyiapkan ruangan khusus yang digunakan sebagai pelaporan korban kekerasan, baik perempuan maupun anak.

Ruang khusus tersebut, didesain senyaman mungkin. Hal itu agar korban menjadi nyaman, mudah bicara dan tidak merasa takut atau merasa terancam.

“Ruangan pasti berbeda, jadi tempatnya berbeda dari tempat laporan biasanya. Kalau ruangan anak-anak malah seperti ruang bermain,” katanya.

Editor : Akrom Hazami

Komentar

komentar


    Print       Email


Artikel terkait lainnya

Bupati Brebes Berguru Prosedur Pinjaman dari Pihak Ketiga ke Grobogan

Selengkapnya →