Loading...
You are here:  Home  >  Info Muria  >  Artikel ini

Keren, Satlantas Polres Jepara Buat Zebra Cross 3D



   /  @ 14:00:22  /  1 September 2016

    Print       Email
zebra

Polisi berada di atas zebra cross dengan model 3 dimensi di jalan RA Kartini, Jepara. (MuriaNewsCom/Wahyu KZ)

MuriaNewsCom, Jepara – Satuan Polisi Lalu Lintas (Satlantas) Polres Jepara membuat inovasi dengan membuat zebra cross dalam bentuk tiga dimensi (3D). Jika pada umumnya zebra cross hanya dibuat dalam bentuk garis putih, kali ini zebra croos dibuat dalam bentuk kotak, kombinasi warna putih dan kuning sehingga terlihat seperti balok-balok yang ada di tengah jalan.

Zebra Cross 3D ini diluncurkan di jalan RA Kartini, tepat di depan gerbang masuk Sekretariat Daerah (Setda) Jepara, Kamis (1/9/2016). Zebra Cross tersebut diperuntukkan bagi penyeberang jalan.

Kapolres Jepara AKBP M Samsu Arifin mengatakan, zebra cross 3D tersebut diberi nama Z3Dblock. Inovasi yang dilakukan Satlantas ini dilakukan agar menekan angka kecelakaan lalu lintas dan meningkatkan kewaspadaan pengendara.

“Tempat penyebrangan jalan bagi pejalan kaki ini memang didesain khusus menggunakan teknik penggambaran/pengecatan dengan perspektif tiga dimensi. Tampilannya seperti balok kayu yang dicat putih,” ujar Samsu kepada MuriaNewsCom, usai meresmikan uji coba Z3Dblock di Jalan Kartini, Jepara, Kamis (1/9/2016).

Menurutnya, tujuan yang paling utama adalah untuk mendorong pengendara kendaraan bermotor untuk lebih hati-hati sehingga pengendara akan mengurangi kecepatannya. Dia berharap, nantinya Z3Dblock dapat mengurangi angka kecelakaan lalu lintas, terutama bagi penyebrang jalan.

“Mengingat, angka korban kecelakaan lalu lintas yang menimpa pejalan kaki di Jepara juga tidak sedikit. Apalagi di jalur-jalur padat penyebrang jalan seperti di Jalan Kartini ini,” katanya.

Ditambahkan Samsu, Z3Dblock akan dievaluasi keberadaannya.  Jika terbukti dapat menekan angka kecelakaan lalu lintas secara signifikan,  maka akan diterapkan di semua titik rawan laka lantas di Jepara.

Kasatlantas Polres Jepara, AKP Andhika Wiratama mengatakan, zebra cross 3D tersebut sebagai bentuk inovasi. Sejak ide itu muncul langsung direalisasikan. Untuk awal ini memang baru satu dan nanti akan diperbanyak di tempat lain.

“Ini kalau malam kena sorot lampu kendaraan juga bisa terlihat. Sebab cat yang digunakan sesuai standar yang ada. Kami bekerjasama dengan Dishubkominfo,” kata Andhika.

Sementara itu, salah satu pengguna jalan yang kebetulan melintas, Miftahul Arifin mengaku kaget dengan bentuk zebra cross 3D tersebut. Pasalnya, Z3Dblock benar-benar menyerupai kayu-kayu balok yang dijajar rapi di tengah jalan. “Dari jarak 20 meter sempat kaget karena sangat mirip dengan balok kayu, jadi sempat mengurangi kecepatan juga,” ucap Miftahul.

Editor : Akrom Hazami

Komentar

komentar


    Print       Email


Artikel terkait lainnya

Jepara Dapat Jatah Rehab RTLH Dari Pemprov Sebanyak 568 Unit

Selengkapnya →