Loading...
You are here:  Home  >  Headlines  >  Artikel ini

Batik Jambi dan Batik Lasem Disebut Ada Kemiripan



Reporter:    /  @ 20:30:41  /  31 Agustus 2016

    Print       Email
 Ketua Dekranasda Kota Jambi Yuliana Fasha (dua dari kanan) bersama Hasiroh Hafidz, Ketua Dekranasda Rembang saat acara ramah tamah di Showroom Dekranasda Lasem, Rabu (31/8/2018). (MuriaNewsCom/Edy Sutriyono)


Ketua Dekranasda Kota Jambi Yuliana Fasha (dua dari kanan) bersama Hasiroh Hafidz, Ketua Dekranasda Rembang (tengah) saat acara ramah tamah di Showroom Dekranasda Lasem, Rabu (31/8/2018). (MuriaNewsCom/Edy Sutriyono)

MuriaNewsCom, Rembang – Dalam kunjungannya ke Kabupaten Rembang, Ketua Dekranasda Kota Jambi Yuliana Fasha mengatakan, jika salah satu tujuannya adalah untuk melihat secara langsung bagaimana proses dan hasil dari kerajinan Batik Lasem.

Menurutnya, antara Batik Lasem dengan Batik Jambi terdapat kemiripan, khususnya coraknya yang memiliki ciri warna merah bata. “Ada sebuah kemiripan batik di tempat kami dan juga Batik Lasem ini. Makanya, kami sengaja melakukan studi komparatif di Rembang,” ujarnya, Rabu (31/08/2016).

Bukan hanya corak saja yang memiliki kemiripan, Yuliana juga menyebut, dalam proses pembuatan batik yang masih menggunakan alat tradisional juga memiliki kesamaan. Sehingga kedatangannya tersebut diharapkan bisa mendapatkan pembanding, dan nantinya bisa diaplikasikan di Jambi.

Dia juga mengatakan, jika untuk saat ini Kota Jambi terdapat sekitar 30 perajin batik yang masih aktif. Bahkan, katanya, untuk Sumatera bagian tengah yang memiliki batik tradisional khas adalah Jambi. “Kalau daerah lain itu adalah ulos dan lain sebagainya,” ungkapnya.

Editor : Kholistiono

Komentar

komentar




Artikel terkait lainnya

bupati pati e

Baliho Bakal Calon Bupati Pati Terpasang di Pohon Pakai Paku di Kudus

Selengkapnya →