Loading...
You are here:  Home  >  Headlines  >  Artikel ini

Kepala SKPD dan Camat di Pati Dites Urine



Reporter:    /  @ 17:00:42  /  31 Agustus 2016

    Print       Email
Beberapa pejabat  SKPD dan camat di Kabupaten Pati sedang mengikuti tes urine dadakan, Rabu (31/8/2016). (MuriaNewsCom/Lismanto)

Beberapa pejabat SKPD dan camat di Kabupaten Pati sedang mengikuti tes urine dadakan, Rabu (31/8/2016). (MuriaNewsCom/Lismanto)

MuriaNewsCom, Pati – Berdasarkan Surat Edaran Bupati Pati Nomor 354/3899 tanpa pemberitahuan terlebih dahulu, para Kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dan camat se-Kabupaten Pati yang menghadiri coffe morning di Ruang Pringgitan, Pendopo Kabupaten Pati, Rabu (31/8/2016) dites urine oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Pati melalui UPT Laboratorium Kesehatan Daerah (Lakkesda) Pati. Tes yang diperintahkan langsung oleh Bupati Pati Haryanto itu merupakan bagian dari penegakan penyalahgunaan narkoba di kalangan pejabat struktural Pemkab Pati.

Kabid Pelayanan Kesehatan Dinas Kesehatan Kabupaten Pati, dr Alviani Tritanti Venusia, mengatakan, hasil tes tersebut akan diberikan langsung ke Badan Narkotika Kabupaten (BNK) Pati, baik itu positif maupun negatif. “Saat ini, hasilnya belum terlihat semua, nanti jika semua sudah selesai hasilnya akan diserahkan ke BNK dan Pemkab Pati,” kata Alviani.

Tidak hanya Kepala SKPD dan camat, semua pejabat struktural Pemkab Pati nantinya akan dites narkoba. Tindak lanjut dari hasil tersebut akan diserahkan kepada BNK Pati dan pemerintah daerah (pemda).

Kasubag TU UPT Labkesda Dinas Kesehatan Kabupaten Pati Anggia Widiari menuturkan, kegiatan tersebut dilakukan untuk mewaspadai penggunaan narkoba di kalangan pejabat struktural Pemkab Pati. “Kegiatan tes urine narkoba ini bukan berarti ada indikasi pemakai sebelumnya, tapi berdasarkan instruksi dari Bupati Pati Haryanto untuk mengantisipasi adanya penggunaan narkoba di kalangan pejabat struktural,” ujar Anggria.

Tujuan jangka panjang, kegiatan ini dilakukan untuk mewujudkan pelayanan pemerintahan yang prima terhadap masyarakat. Karena itu, perlu Penyelenggara Negara dan Aparatur Sipil Negara yang sehat jasmani dan rohani. “Kegiatan ini merupakan upaya UPT Labkesda melaksanakan pelayanan sistem jemput bola bagi pelayanan masyarakat, salah satunya tes urine ini,” imbuhnya.

Bupati Pati Haryanto yang lebih dulu memberikan teladan dalam tes narkoba mengatakan, saat ini pemerintah tengah berupaya memerangi narkoba. Dengan tes tersebut, pejabat struktural Pemkab Pati diharapkan bebas dari penyalahgunaan narkoba.

“Bila ada pejabat yang diketahui memakai narkoba, akan dikenakan sanksi tegas karena tidak pantas menjadi panutan masyarakat. Sanksi yang diberikan bila ada pejabat yang menggunakan narkoba, sesuai dengan aturan-aturan kepegawaian yang ada,” tutur Haryanto.

Tes sengaja dilakukan secara mendadak setelah coffe morning bersama bupati, sehingga Kepala SKPD dan camat yang hadir dalam kesempatan itu terkejut dengan agenda dadakan tersebut. “Dengan tes ini, kami berharap tidak ada pejabat satu pun yang menggunakan narkoba. Kalau ada yang hasilnya positif, juga akan dicek lagi apakah dia pengguna aktif atau hanya sekadar dampak dari pemakaian obat-obat lain. Sebab, memang ada beberapa obat medis yang ada kandungan narkotikanya,” pungkas Haryanto.

Editor : Kholistiono

Komentar

komentar




Artikel terkait lainnya

bupati pati e

Baliho Bakal Calon Bupati Pati Terpasang di Pohon Pakai Paku di Kudus

Selengkapnya →