Loading...
You are here:  Home  >  Info Muria  >  Artikel ini

Ini Ciri Tembakau yang Bagus untuk Dijadikan Bahan Rokok



Reporter:    /  @ 09:05:30  /  31 Agustus 2016

    Print       Email
Salah seorang petani tembakau di Kecamatan Sulang, Rembang sedang meniriskan daun tembakau yang sudah dicacah. (MuriaNewsCom/Edy Sutriyono)

Salah seorang petani tembakau di Kecamatan Sulang, Rembang sedang meniriskan daun tembakau yang sudah dicacah. (MuriaNewsCom/Edy Sutriyono)

MuriaNewsCom, Rembang – Tembakau, merupakan salah satu bahan dasar untuk membuat rokok. Namun demikian, tidak semua tembakau bisa untuk diolah menjadi produksi rokok. Sehingga, harus dipilah-pilah terlebih dahulu ketika akan dijadikan bahan rokok.

Mukono, petani tembakau asal Kecamatan Sulang, Rembang, mengatakan, ada beberapa ciri tembakau yang bagus untuk dijadikan bahan rokok. “Untuk tembakau yang bagus dijadikan rokok itu, aroamanya sedap. Selain aroma, tembakau tersebut berwarna kuning keemasan dan bila dipegang agak lengket, pulen dan harum,” jelasnya.

Menurutnya, jika tembakau tidak memenuhi beberapa ciri di atas, maka tembakau tersebut biasanya hanya dijadikan sebagai bahan untuk nginang, yaitu tembakau yang diramu dengan sirih, kapur, gambir, dan buah pinang, kemudian dikunyah.

“Bila tembakau itu agak sedikit kurang pulen atau diraba rada tipis dan kurang lengket, maka tembakau itu bisa dijadikan susur nginang. Begitupun dengan tembakau yang sedikit apek. Kalau tembakau seperti ini tetap dijadikan bahan rokok, maka asap rokoknya juga apek,” ungkapnya.

Editor : Kholistiono

Komentar

komentar


    Print       Email


Artikel terkait lainnya

BERITA PILIHAN SEPEKAN : Mobilio Tergilas Kontainer sampai Polisi Nyamar Hanya Demi Tangkap Penghina Presiden dan Agama

Selengkapnya →