Loading...
You are here:  Home  >  Headlines  >  Artikel ini

Kendal Buka Trayek Karimunjawa, Pemimpin Perjalanan Wisata di Jepara Menjerit



Reporter:    /  @ 19:30:28  /  29 Agustus 2016

    Print       Email
Wisatawan bersiap menuju Karimunjawa Jepara dengan naik kapal yang disediakan, Senin (29/8/2016). (MuriaNewsCom/Wahyu KZ)

Wisatawan bersiap menuju Karimunjawa Jepara dengan naik kapal yang disediakan, Senin (29/8/2016). (MuriaNewsCom/Wahyu KZ)

MuriaNewsCom, Jepara – Pelabuhan Kendal telah membuka trayek ke Karimunjawa baru-baru ini. Kondisi itu disikapi oleh para pemimpin wisata atau Tour Leader (TL) atau yang ada di Kabupaten Jepara. Mereka merasa keberatan dengan adanya trayek dari Kendal tersebut lantaran akan memecah wisatawan yang akan ke Karimunjawa.

Hal itu seperti yang dikatakan salah satu TL atau pengelola biro perjalanan wisata Karimunjawa, Ainur Rofiq. Menurutnya, dengan adanya penyeberangan kapal dari Kendal dengan armada Express Bahari sangat berpengaruh besar terhadap perekonomian di Jepara. Sebab, wisatawan Karimunjawa akan terbagi dengan Kendal, dan itu akan merugikan Jepara sebagai pemilik wilayah Karimunjawa.

“Jelas akan berdampak bagi biro perjalanan wisata baik yang dari Jepara maupun Karimunjawa. Selain itu juga akan merugikan pedagang di area dermaga Kartini karena jumlah wisatawan terbagi dengan Kendal,” ujar Ainur kepada MuriaNewsCom, Senin (29/8/2016).

Menurutnya,  Pemkab Jepara harus mampu membuat kebijakan mengenai transportasi laut ke Karimunjawa. Karena Kepulauan Karimunjawa masih menjadi bagian dari Kabupaten Jepara. Dia berharap kapal yang melayani rute Jepara-Karimunjawa dapat ditambah agar daya tarik ke Karimunjawa melalui Jepara tidak dapat dikalahkan oleh Kendal.

“Jika tidak ada inovasi ataupun yang lainnya yang dilakukan oleh Pemkab Jepara, bisa jadi nanti Jepara kalah dari Kendal. Potensi wisata di Jepara selain di Karimunjawa juga bisa minim pengunjung karena banyak juga paket wisata selain ke Karimunjawa juga ke tempat wisata di daratan Jepara,” imbuhnya.

Editor : Akrom Hazami

Komentar

komentar




Artikel terkait lainnya

bupati pati e

Baliho Bakal Calon Bupati Pati Terpasang di Pohon Pakai Paku di Kudus

Selengkapnya →