Loading...
You are here:  Home  >  Headlines  >  Artikel ini

Mahasiswa UMK Ajarkan Ibu Rumah Tangga di Desa Wedusan Pati untuk Berwirausaha



Reporter:    /  @ 14:37:56  /  29 Agustus 2016

    Print       Email
 Mahasiswa UMK sedang berfoto bersama dengan Kepala Desa Wedusan, Mastur (pakai baju adat) dan Istri saat acara sedekah bumi  pada Minggu (18/8/2016).


Mahasiswa UMK sedang berfoto bersama dengan Kepala Desa Wedusan, Mastur (pakai baju adat) dan Istri saat acara sedekah bumi pada Minggu (18/8/2016).

MuriaNewsCom, Pati – Mahasiswa Universitas Muria Kudus (UMK) yang mengikuti kegiatan kuliah kerja nyata (KKN) di Desa Wedusan, Kecamatan Dukuhseti, Pati, memberikan pelatihan terhadap ibu-ibu rumah tangga untuk berwirausaha.

Eko Budi Santoso, Ketua Kordes Posko Desa Wedusan menjelaskan, pelatihan tersebut memang sasarannya diutamakan terhadap ibu-ibu rumah tangga yang tergabung dalam kelompok Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK).

“Kami memberikan pelatihan membuat produk makanan berupa pisang cokelat dan puding jagung. Diharapkan, dengan adanya pelatihan ini, ibu-ibu bisa berkreasi membuat olahan makanan yang nantinya bisa dipasarkan,” ujarnya, kepada MuriaNewsCom, Senin (19/8/2016).

Menurutnya, melalui pelatihan itu, juga diharapkan dapat membantu meningkatkan perekonomian warga melalui wirausaha. Sehingga, ke depan masyarakat Desa Wedusan bisa semakin maju dengan adanya perekonian masyarakat yang meningkat.

Selain memberikan pelatihan berwirausaha, mahasiswa juga memberikan sosialisasi mengenai pendidikan karakter. Kegiatan ini pesertanya adalah siswa-siswi tingkat sekolah dasar. “Alhamdulillah, respon anak-anak sangat luar biasa. Mereka sangat antusias untuk mengikuti kegiatan ini. Apalagi, dalam sosialisasi ini, kita juga langsung praktik. Di antaranya, bagaimana mengajarkan anak untuk bertanggungjawab,” katanya.

Kemudian, pihaknya juga memberikan sosialisasi mengenai kebersihan lingkungan terhadap masyarakat. Tujuannya, untuk mengantisipasi adanya penyakit demam berdarah. “Selanjutnya, kami juga mensosialisasikan pentingnya KB untuk ibu-ibu muda,” imbuhnya.

Bahkan, katanya, mahasiswa yang KKN di desa tersebut ikut dalam berbagai kegiatan yang ada di desa. Di antaranya, sedekah bumi yang berlangsung pada Minggu (28/8/2016). Dalam kesempatan itu, mahasiswa juga ikut sebagai peserta kirab.

Editor : Kholistiono

Komentar

komentar




Artikel terkait lainnya

bupati pati e

Baliho Bakal Calon Bupati Pati Terpasang di Pohon Pakai Paku di Kudus

Selengkapnya →