Loading...
You are here:  Home  >  Headlines  >  Artikel ini

Pemkab Jepara Optimistis Target PBB-P2 Mampu Dicapai



Reporter:    /  @ 15:30:44  /  28 Agustus 2016

    Print       Email
pbb e

ilustrasi

MuriaNewsCom, Jepara – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jepara mengaku optimistis mampu memenuhi target Pajak Bumi Bangunan Pedesaan dan Perkotaan (PBB-P2) 2016. Pasalnya, sampai Agustus ini saja, capaiannya sudah sekitar 90 persen dari target Rp 15,5 miliar.

Hal itu seperti yang disampaikan Kepala Dinas Pendapatan, Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (DPPKAD), Sururi mengatakan, sejak dibebani untuk mengelola PBB-P2, Pemkab Jepara cukup sukses dalam penyerapan. Itu ditandai dengan terlampauinya target realisasi tiap tahun.

“Dari data kami tahun ini telah terserap sekitar Rp 14 miliar atau sekitar 90 persen dari target sebesar Rp 15,5 miliar. Sedangkan realisasi pada 2015 sebesar Rp 16,77 miliar atau mencapai 111,8 persen dari target Rp 15 miliar,” ujar Sururi.

Menurutnya, saat kali pertama mendapatkan kewenangan pengelolaan PBBP2 pada 2014, tercapai Rp 16,33 miliar yang setara 108,9 persen dari target sebesar Rp 15 miliar. Sehingga pihaknya optimistis 2016 ini targetnya mampu tercapai bahkan melampaui target.

“Kami sangat mengapresiasi camat dan petinggi atas partisipasi kerja kerasnya dalam upaya pelunasan PBB-P2 di wilayah masing-masing. Sampai Agustus ini, dari 195 desa/kelurahan di Jepara sudah ada 124 desa yang lunas PBB-P2,” ungkapnya.

Jumlah tersebut, lanjut Sururi, lebih besar dari tahun lalu yang baru terdapat 79 desa, yang lunas pada bulan yang sama. Itu menunjukkan dari tahun ke tahun terjadi tren peningkatan. “Desa-desa di Jepara ini sudah sadar untuk melunasi PBB-P2, Desa Nyamuk Kecamatan Karimunjawa menjadi desa tercepat lunas PBB-P2, diikuti Desa Platar Kecamatan Tahunan,” katanya.

Selain desa yang cepat dalam pelunasan PBB-P2, pihaknya juga mencatat desa dengan PBB-P2 terbesar yakni Desa Tubanan, Kecamatan Kembang. Adapun di tingkat kecamatan, Kecamatan Welahan menjadi wilayah yang tercepat dalam pelunasan.

Editor : Akrom Hazami

Komentar

komentar




Artikel terkait lainnya

bupati pati e

Baliho Bakal Calon Bupati Pati Terpasang di Pohon Pakai Paku di Kudus

Selengkapnya →