Loading...
You are here:  Home  >  Regional  >  Grobogan  >  Artikel ini

Perhutani KPH Purwodadi Tutup Lokasi Galian C di Wilayah Hutan



Reporter:    /  @ 18:05:26  /  27 Agustus 2016

    Print       Email
Aparat Perhutani KPH Purwodadi sedang membuat portal di petak 40-D RPH Plosokerep untuk menutup akses jalan masuk ke lokasi penambangan illegal beberapa hari lalu (MuriaNewsCom/Dani Agus)

Aparat Perhutani KPH Purwodadi sedang membuat portal di petak 40-D RPH Plosokerep untuk menutup akses jalan masuk ke lokasi penambangan illegal beberapa hari lalu (MuriaNewsCom/Dani Agus)

MuriaNewsCom, Grobogan – Tindakan tegas dilakukan Perum Perhutani KPH Purwodadi terkait adanya aktivitas penambangan galian C ilegal di kawasan hutan. Caranya, dengan memasang plang larangan melakukan penggalian sekaligus menutup akses jalan masuk.

“Akses jalan masuk kita tutup dengan portal dari cor beton. Dengan langkah ini, semua kendaraan pengangkut galian C tidak bisa masuk ke lokasi,” kata  Adminisratur KPH Purwodadi Damanhuri melalui Asper Penganten Rido Haryanto, Sabtu (27/8/2016).

Lokasi galian C ilegal tersebut berada di petak 40-D RPH Plosokerep, Desa Taruman, Kecamatan Klambu. Aktivitas penambangan di situ sudah berlangsung cukup lama.

Sejauh ini, pihak Perhutani lebih memilih cara persuasif dan preventif terhadap para penambang yang jumlahnya mencapai puluhan orang tersebut. Namun, upaya ini belum bisa berhasil.

Menurut Rido, langkah penutupan itu merupakan tindak lanjut surat Administratur KPH Purwodadi perihal penanganan penambangan Ilegal tersebut. Dari surat tersebut, pihaknya kemudian melakukan koordinasi dengan jajaran Muspika setempat dan aparat pemerintahan Desa Taruman.

“Sebelum kita pasang portal, kami dan jajaran muspika sempat memberikan pengertian dan pengarahan pada warga agar tidak lagi melakukan aktivitas penambangan. Warga kita kasih pengertian kalau kegiatan itu diterukan akan memicu kerusakan hutan dan dampaknya bisa menimbulkan bencana,” tegasnya.

Editor : Kholistiono

Komentar

komentar




Artikel terkait lainnya

bupati pati e

Baliho Bakal Calon Bupati Pati Terpasang di Pohon Pakai Paku di Kudus

Selengkapnya →