Loading...
You are here:  Home  >  Headlines  >  Artikel ini

UMK Angkat Kearifan Lokal dalam Even Internasional



   /  @ 09:19:55  /  27 Agustus 2016

    Print       Email
UMK e

Bangunan kampus Universitas Muria Kudus (UMK) berdiri megah, yang difoto beberapa waktu lalu.

MuriaNewsCom, Kudus – Universitas Muria Kudus (UMK) melalui Divisi Kerja Sama Luar Negeri atau Kantor Urusan Internasional (KUI), menyiapkan dua even berskala internasional, dalam waktu dekat, yakni lokakarya Capacity Building dan Joint Summer Program. Menariknya, dua kegiatan ini mengusung kearifan lokal sebagai tema besarnya.

Lokakarya Capacity Building bertajuk “Supporting Local Wisdom for Sustainable Development  toward World Class University” rencananya akan dilaksanakan pada 7 September mendatang.

Para narasumber yang dijadwalkan hadir dalam kegiatan ini, yaitu Massudi Mahmudin  (Universiy Utara Malaysia) dengan materi “Local Wisdom For University Capacity Building. An Experience of University Utara Malaysia dan Rully Rahardian  (KUI Universitas Diponegoro) dengan papernya berjudul “Local Wisdom and Potentials For Unioversity Capacity Building”.

Sedang Joint Summer Program yang mengusung tema “Developing Local Wisdom Entrepreneurship in Global Competition” akan digelar selama tiga hari, yakni pada 27 hingga 29 Oktober nanti. Tidak hanya diikuti akademisi dalam negeri saja, juga akan diikuti mahasiswa mitra dari luar negeri.

Diah Kurniati panitia kegiatan, mengutarakan, dua kegiatan ini merupakan tindak lanjut (follow up) dari proposal yang diajukan UMK ke Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti). “Alhamdulillah, proposal UMK lolos dan mendapatkan pendanaan dari Dikti,’’ ujarnya.

Wakil Rektor IV Bidang Kerja Sama, Drs. Muh. Syafei M.Pd, menjelaskan, dalam seleksi proposal di Dikti, UMK lolos 30 besar. “Kami sangat bersyukur, UMK menjadi satu dari sembilan universitas yang lolos tanpa revisi. Ini sungguh membanggakan,’’ paparnya dalam rilis persnya ke MuriaNewsCom.

Syafei berharap, dua kegiatan skala internasional yang disiapkan UMK, bisa mendorong isu kearifan lokal di ranah global. “Khususus Joint Summer Program, semoga bisa menjadi ruangsharing kebudayaan dan kearifan lokal. Sebab, kegiatan ini rencananya akan diikuti akademisi dari universitas mitra dari luar negeri, seperti dari Thailand, Vietnam, Malaysia, dan Singapore,’’ tuturnya.

Editor : Akrom Hazami

Komentar

komentar




Artikel terkait lainnya

bupati pati e

Baliho Bakal Calon Bupati Pati Terpasang di Pohon Pakai Paku di Kudus

Selengkapnya →