Loading...
You are here:  Home  >  Headlines  >  Artikel ini

3 Pulau di Karimunjawa Jepara Akan Dibangunkan Pos TNI



Reporter:    /  @ 23:01:32  /  26 Agustus 2016

    Print       Email
kodim e

Komandan Korem 073 Makutarama Kolonel Inf Joseph Robert Giri bersama Komandan Kodim 0719 Jepara Letkol Inf Ahmad Basuki di Makodim 0719 Jepara sebelum menyeberang ke Karimunjawa. (MuriaNewsCom/Wahyu KZ)

MuriaNewsCom, Jepara – Tiga pulau yang ada di Kepulauan Karimunjawa, yakni pulau Kemujan, Pulau Parang dan Pulau Nyamuk bakal dibangunkan pos TNI. Itu dilakukan wilayah tersebut sangat penting untuk dikembangkan dan ditingkatkan dalam berbagai sektor, karena Karimunjawa merupakan mutiaranya Jawa Tengah.

Pembangunan tersebut rencanakan akan dilakukan oleh Korem 073 Makutarama bersama Kodim 0719 Jepara, Jawa Tengah. Selama ini di Kepulauan Karimunjawa hanya ada Koramil saja, dan nantinya pos TNI tersebut berada di bawah penanganan Koramil Karimunjawa.

Komandan Korem 073 Makutarama Kolonel Inf Joseph Robert Giri mengatakan, Karimunjawa merupakan mutiara tersebunyi milik Jawa Tengah, sehingga pihaknya bertekad untuk menjadikan icon pariwisata dan bidang ketahanan wilayah.

“Selama ini di sana (Karimunjawa) hanya ada Koramil. Mengingat Karimunjawa ini kepulauan maka harus dibangun Pos Koramil,” ujar Kolonel Inf Joseph Robert Giri di Kodim 0719 Jepara sebelum menyebrang ke Karimunjawa, Jumat (26/8/2016).

Ia menjelaskan, untuk menjaga stabilitas keamanan, koramil yang ada di Karimunjawa saat ini akan dikembang menjadi pos-pos di Pulau Kemujan, Pulang Parang, dan Pulau Nyamuk. Masing-masing pos akan dijaga enam personil. Setiap personil akan dibekali dengan kemampuan khusus. “Total keseluruhan ada 29 personel yang disiapkan, tapi nanti masing-masing pos enam orang,” kata Joseph.

Selain dibekali keterampilan khusus kemaritiman, Joseph melanjutkan, personel yang nantinya ditugaskan di pos-pos Koramil Karimunjawa, juga dibekali kemampuan berbahasa Inggris. Mengingat, Karimunjawa kini telah menjadi jujugan wisatawan asing. “Masing-masing pos juga akan kami lengkapi dengan alat komunikasi dan alat angkut air,” imbuh Joseph.

Sementara itu, Komandan Kodim 0719 Jepara Letkol Inf Ahmad Basuki berharap, tanah yang nantinya akan didirikan pos Koramil dapat dihibahkan. Pasalnya, jika harus melakukan pengadaan tanah membutuhkan proses lama. “Rencana ini sudah kami sampaikan kepada atasan. Mudah-mudahan pos-pos ini bisa segara dibangun,” katanya.

Editor : Akrom Hazami

Komentar

komentar




Artikel terkait lainnya

bupati pati e

Baliho Bakal Calon Bupati Pati Terpasang di Pohon Pakai Paku di Kudus

Selengkapnya →