Loading...
You are here:  Home  >  Headlines  >  Artikel ini

Naiknya Harga Rokok Disebut Bisa Picu Tingginya Angka Kriminalitas



Reporter:    /  @ 17:36:46  /  26 Agustus 2016

    Print       Email
Proses pencacahan daun tembakau dengan menggunakan mesin. Hal ini dilakukan sebelum proses penjemuran. (MuriaNewsCom/Edy Sutriyono)

Proses pencacahan daun tembakau dengan menggunakan mesin. Hal ini dilakukan sebelum proses penjemuran. (MuriaNewsCom/Edy Sutriyono)

MuriaNewsCom, Rembang – Jika benar harga rokok dinaikkan dengan harga berkisar Rp 50 ribu seperti wacana yang sempat heboh beberapa pekan terakhir, dikhawatirkan akan berdampak terhadap pengurangan jumlah produksi, dan imbasnya juga adanya PHK besar-besaran.

Jika hal itu terjadi, maka dikhawatirkan akan berdampak terhadap tingginya angka kriminalitas. “Tentunya kenaikan harga rokok bisa berimbas ke mana-mana.Salah satunya yakni bisa menimbulkan tindakan kriminal. Karena apa, nanti bisa ada PHK besar-besaran terhadap buruh rokok. Dengan begitu, buruh akan sulit untuk mendapatkan pekerjaan, sehingga, dikhawatirkan muncul tindakan-tindakan kriminal, karena situasi ekonomi yang sulit,” ujar Sukono, petani tembakau asal Desa Kerep, Kecamatan Sulang, Rembang.

Selain itu, dirinya juga mengatakan, bahwa kenaikan harga rokok itu nantinya akan bisa membuat para pekerja atau kuli tidak akan semangat kerja.”Saya yakin para pekerja atau kuli bangunan atau kuli apa saja tidak akan semangat kerja. Sebab yang membuat semangat para pekerja atau kuli itu ialah rokok. Misalkan saja, ada pekerja tidak dikasih rokok, maka mereka tidak akan semangat,” imbuhnya.

Lebih lanjut, dirinya berharap kepada pemerintah agar bisa memahami situasi yang ada di bawah.”Nanti efeknya bagaimana, imbasnya bagaimana dan pendapatan negara dari cukai juga bagaimana. Saya percaya kenaikan harga rokok bisa mendongkrak pendapatan negara. Namun, apakah jumlah produksi, penjualan ke masyarakat juga akan bertambah? Pendapatan negara bisa bertambah, bilamana jumlah produksi dan penjualan terhadap masyarakat juga bertambah,” pungkasnya.

Editor : Kholistiono

Komentar

komentar




Artikel terkait lainnya

bupati pati e

Baliho Bakal Calon Bupati Pati Terpasang di Pohon Pakai Paku di Kudus

Selengkapnya →