Loading...
You are here:  Home  >  Headlines  >  Artikel ini

Petani Tembakau di Rembang Was-was Jika Wacana Kenaikan Harga Rokok jadi Diberlakukan



Reporter:    /  @ 14:18:26  /  26 Agustus 2016

    Print       Email
 Proses penjemuran daun tembakau yang dilakukan oleh salah satu petani yang ada di Kabupaten Rembang (MuriaNewsCom/Edy Sutriyono)


Proses penjemuran daun tembakau yang dilakukan oleh salah satu petani yang ada di Kabupaten Rembang (MuriaNewsCom/Edy Sutriyono)

MuriaNewsCom, Rembang – Wacana kenaikan harga rokok menjadi Rp 50 ribu, saat ini memang sudah tak seheboh beberapa hari lalu.Namun demikian, petani tembakau di Kabupaten Rembang masih tetap khawatir jika wacana itu tetap diberlakukan.

Sebab, jika memang benar-benar diberlakukan, hal tersebut bakal berdampak besar terhadap petani tembakau. Ancaman kerugian yang dialami petani juga terbayang bagi petani di Rembang.

Salah satu petani tembakau yang ada di Dukuh Balong, Desa  Kumendung, Rembang Budi Cahyono misalnya. Dirinya tidak ingin adanya harga rokok naik melambung tinggi. “Bila harga rokok naik, maka akan bisa memengaruhi para petani tembakau juga. Misalnya saja, nanti hasil panen kita justru akan tidak dibeli oleh perusahaan rokok. Sebab perusahaan rokok juga akan mengurangi produksinya,” kata Budi.

Dia menilai, kenaikan harga rokok juga tidak hanya merugikan para buruh rokok saja. Melainkan akan bisa berdampak pada seluruh sektor. “Bisa saja adanya kenaikan harga rokok itu juga berpengaruh terhadap naiknya harga tembakau. Namun demikian, hal itu tidak berlangsung lama. Sebab, produksi rokok akan semakin berkurang, dan daya beli terhadap tembakau akan semakin menurun pula,” ungkapnya.

Jika hal tersebut terjadi, maka, tembakau yang telah dipanen petani, nantiya bisa menumpuk digudang karena tidak terbeli oleh perusahaan rokok. Jika kondisi ini terjadi, menurutnya, mau tidak mau, harga tembakau akan murah, karena banyaknya stok tembakau di gudang.

Editor : Kholistiono

Komentar

komentar




Artikel terkait lainnya

bupati pati e

Baliho Bakal Calon Bupati Pati Terpasang di Pohon Pakai Paku di Kudus

Selengkapnya →